Rabu 21 Aug 2019 18:22 WIB

UAS Jelaskan Isi Ceramahnya Soal Salib di Kantor MUI

UAS menegaskan ceramahnya untuk komunitas Muslim dan hanya di dalam masjid.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Karta Raharja Ucu
Ustaz Abdul Somad menyampaikan penjelasan soal video viral ceramahnya di kantor MUI, Menteng, Jakarta, Rabu (21/8).
Foto: Republika/Umar Mukhtar
Ustaz Abdul Somad menyampaikan penjelasan soal video viral ceramahnya di kantor MUI, Menteng, Jakarta, Rabu (21/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Abdul Somad (UAS) menjelaskan jika video ceramahnya yang viral dan dituding menghina agama lain, adalah ceramah tiga tahun lalu. Saat itu, UAS menuturkan sedang menjawab pertanyaan jamaah dan bukan ceramah kajian yang disampaikan kepada publik.

UAS mengatakan, hal itu juga disampaikan secara tertutup kepada komunitas Muslim di dalam kajian khusus di masjid. Pernyataan itu juga disampaikan bukan dalam kegiatan tabligh akbar atau stasiun televisi atau bukan di tempat ramai seperti pengajian.

Baca Juga

"Itu bukan tabligh akbar semisal di lapangan terbuka atau disiarkan melalui stasiun TV," jelas UAS di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (21/8).

UAS pada Rabu sore memenuhi undangan MUI untuk menjelaskan video yang viral. MUI menyebut undangan untuk UAS dilakukan untuk mencari solusi guna mendinginkan suasana.

Seperti diketahui, UAS dilaporkan ke Polda Jatim menyusul ceramah yang dianggap berisi ujaran kebencian terhadap suatu kelompok agama. Video ceramah UAS yang mengatakan bahwa dalam hukum Islam, Salib adalah tempat bersarangnya jin kafir, dianggap pelapor sebagai video yang berisi ujaran kebencian terhadap agama Kristen dan Katholik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement