Selasa 20 Aug 2019 17:12 WIB

Qurban Berkah Nusantara BMH Disambut Syukur Warga

BMH menyalurkan 2.721 hewan kurban ke pedalaman dan daerah terdampak musibah.

Persiapan pemotongan hewan kurban BMH dalam program Qurban Berkah Nusantara di Padukuhan Nitikan,  Timur Semanu,  Gunung Kidul, Yogyakarta.
Foto: Dok BMH
Persiapan pemotongan hewan kurban BMH dalam program Qurban Berkah Nusantara di Padukuhan Nitikan, Timur Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Idul Kurban menjadi momentum emas bagi Laznas  Baitul Maal Hidayatullah (BMH) mempertemukan kepedulian dan kebutuhan masyarakat pedalaman dan daerah terdampak musibah untuk senantiasa sama-sama merasakan keberkahan.

"Alhamdulillah, proses pendistribusian hewan kurban BMH melalui Program Qurban Berkah Nusantara berjalan lancar dan sukses di seluruh titik sasaran, baik yang di pedalaman maupun daerah terdampak musibah," terang Direktur Program dan Pemberdayaan Laznas BMH Pusat, Zainal Abidin melalui rilis yang diterima Republika.co.id,  Selasa (20/8).

Pada Idul Kurban 1440 H (2019 M) BMH telah menyalurkan hewan kurban ke beberapa titik pedalaman di Nusantara, mulai dari Lampung, Bengkulu, Jambi, kemudian NTB, NTT, Papua dan Papua Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan, serta Maluku dan Maluku Utara.

"Adapun daerah terdampak musibah seperti gempa, BMH hadir di Halmahera Selatan, Konawe Utara, Lombok, Bima, Banten, Lampung, dan Palu, Sigi serta Donggala. Ditambah daerah yang mengalami musibah kekeringan seperti Ponorogo, Pamekasan, Probolinggo, Pacitan, hingga Gunung Kidul," rinci Zainal.

Dari semua titik penyaluran pedalaman dan daerah terdampak musibah tersebut tercatat total 2.721 ekor hewan kurban yang disalurkan. 

photo
Penyaluran daging kurban BMH dalam program Qurban Berkah Nusantara di Desa Dowora, Gane Barat, Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

"Semua itu menjadi keberkahan sendiri bagi warga pedalaman, mereka sangat bersyukur dan berbahagia. Terutama masyarakat Desa Dowora di Halmahera Selatan yang ternyata pada tahun inilah sepanjang hidup mereka baru merasakan lezatnya daging kurban," tutur Zainal.

Zainal menambahkan semua itu dapat dijalankan dengan baik oleh BMH tiada lain berkat kepercayaan umat terhadap BMH untuk menyalurkan hewan kurbannya ke daerah-daerah yang membutuhkan.

"Kami sampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap kaum Muslimin yang mengamanahkan hewan kurbannya kepada BMH untuk membahagiakan saudara-saudara kita di pedalaman dan terdampak musibah," ucapnya.

Zainal menyebutkan, selain di dalam negeri, BMH juga menyalurkan hewan kurban ke luar negeri, tepatnya di dua negara, yakni Rohingya dan Palestina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement