Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Ponpes Fathan Mubina Gelar Pemotongan Hewan Kurban

Ahad 11 Aug 2019 18:15 WIB

Rep: mgrol122/ Red: Agung Sasongko

Pembagian daging kurban

Pembagian daging kurban

Foto: Istimewa
Acara berlangsung di lingkungan pesantren

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pondok Pesantren Fathan Mubina menggelar acara pemotongan dan penyaluran daging hewan kurban. Acara berlangsung di dalam lingkungan sekolah Fathan Mubina,Ciawi,Bogor, Ahad (11/8).

Ketua panitia penyembelihan hewan kurban Ponpes Fathan Mubina,Ustad Guntur Hidayat mengatakan bahwa kegiatan pemotongan dan penyaluran daging kurban ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan, untuk tahun ini terdiri dari Sapi 21 ekor dan kambing 21 ekor yang siap dipotong dan di bagikan daging nya kepada warga masyarakat sekitar pondok pesantren.

"Sapi dan kambing kurban ini merupakan sumbangan dari keluarga Yayasan Pembangunan Umat Fathan Mubina, partisipasi dari wali santri, iuran santri dan juga iuran dari para siswa madrasah ibtidaiyah Fathan Mubina," kata dia dalam siaran persnya.

Kegiatan pemotongan hewan kurban ini dibagi menjadi dua waktu,untuk 21 ekor sapi dilakukan penyembelihan di Ahad (11/8)/10 Dzulhijjah  sedangkan untuk 21 ekor kambing penyembelihannya dilakukan di Selasa (13/8)/12 Dzulhijjah.

Para santri pondok pesantren yang berlokasi di jalan veteran 3 Ciawi kabupaten bogor ini juga dilibatkan dalam proses penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban, Kegiatan menangani  hewan kurban ini yakni menguliti, mencacah, dan memasukkan daging kurban tersebut ke dalam kantong plastik yang telah disiapkan.

"Tujuannya sebagai sarana pembelajaran para santri bagaimana cara dan proses pemotongan hewan kurban yang baik dan benar juga sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa saling berbagi kepada sesama Muslim," kata dia.

Untuk Kegiatan pembagian daging hewan kurban dilakukan sore harinya. Kegiatan ini berjalan tertib dan aman,kegiatan pembagian daging kurban kepada masyarakat sekitar pondok ini juga disaksikan oleh personil kepolisian dari Polsek Ciawi Bogor. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA