Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

ACT Jabar Salurkan 700 Hewan Kurban untuk Kodam Siliwangi

Ahad 11 Aug 2019 06:01 WIB

Rep: Djoko Suceno/ Red: Elba Damhuri

Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyerahkan 20 ekor sapi kurban kepada TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (9/8).

Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyerahkan 20 ekor sapi kurban kepada TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (9/8).

Foto: Republika/Zahrotul Oktaviani
Hewan kurban ini akan disalurkan ke sembilan kabupten/kota di Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Barat menyalurkan sebanyak 700 hewan kurban kambing dan 20 ekor sapi ke Kodam III Siliwangi. Penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan Jumat (9/8) di Mako Denmadam III Siliwangi Jl Kalimantan, Kota Bandung.

Hewan kurban tersebut kemudian akan disalurkan ke sembilan kabupten/kota yang ada di Jabar. Ke sembilan daerah tersebut yaitu Kota Cimahi, Kab Bandung, Bandung Barat, Cianjur, Subang, Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Menurut Ketua ACT Cabang Jawa Barat, Renno Mahmoeddin, hewan kurban tersebut akan disebar oleh Kodam ke daerah yang memang membutuhkan. Ia mengatakan, sebanyak 300 kambing akan disebar di wilayah Bandung, Tasikmalaya 200 ekor, dan Cirebon 200 ekor.

"Ini merupakan bentuk sinergi antara ACT dengan jajaran TNI, khususnya Kodam Siliwangi," kata dia.

Renno mengatakan, dengan hewan kurban ini diharapkan bisa menjangkau sebanyak 35 ribu kepala keluarga hingga 105 ribu jiwa. Ke depannya, kata dia, kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi lembaga-lembaga lain sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Pangdam mengatakan, program yang sangat positif ini diharapkan terus berlnjut. Harapannya, kata dia, program ini bisa membantu masyarakat, khususnya umat Islam yang kurang mampu. "Pada hari Raya Idhul Adha ini kita sama-sama untuk membantu orang atau masyarakat yang tidak mampu," ujar dia.

Pangdam menyampaikan terimakasih atas kepedulian dari ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) yang bekerjasama dengan Kodam III Siliwangi dalam mendistribusikan hewan kurban. "Jadi kita ketahui bersama bahwa diantara masyarakat kita ada yang tidak mampu dengan harapan bantuan ini bagi mereka pada waktu hari raya kurban ini bisa merasakan makanan seperti yang kita makan, " tutur dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA