Jumat 09 Aug 2019 13:19 WIB

Masjid Istiqlal Gunakan Besek untuk Pembagian Hewan Kurban

Masjid Istiqlal tahun ini akan menyemblih 30 ekor hewan kurban.

Rep: Febryan A/ Red: Friska Yolanda
Proses penyembelihan dan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (22/8).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Proses penyembelihan dan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (22/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Istiqlal pada Hari Raya Idul Adha 1400 Hijriah yang jatuh pada 11 Agustus akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban seusai shalat Ied. Pengurus masjid pun telah mempersiapkan segala keperluan untuk penyembelihan, termasuk menyediakan besek untuk membungkus daging kurban.

Kepala bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, mengatakan, untuk tahun ini Masjid nasional itu akan menyemblih 30 ekor hewan kurban. Hewan itu terdiri dari 20 ekor sapi dan 10 ekor domba.

"Hingga saat ini baru sebanyak itu yang terkonfirmasi, semoga masih ada penambahan nantinya," kata Abu kepada Republika.co id, Jumat (9/7).

Abu menuturkan, penyemblihan hewan kurban itu nantinya akan dilakukan oleh 30 orang juru jagal terlatih. Pelaksanaannya akan dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga tuntas pada sore hari.

"Adapun untuk pembagian daging kurban, kita akan menggunakan besek sesuai himbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," ungkap Abu.

Dia menjelaskan, daging kurban yang telah dibungkus dengan besek nantinya akan langsung diantarkan oleh panitia menuju rumah-rumah warga. "Jadi warga tidak perlu antre ke Masjid Istiqlal," katanya.

Dia mengatakan, para penerima daging kurban nantinya adalah masyarakat yang sebelumnya telah disurvei oleh panitia kurban. Masyarakat yang lokasinya terdekat dengan Istiqlal, kata dia, akan lebih diutamakan. Untuk itu, pihaknya telah membagi area pembagian daging kurban ke dalam lima rayon.

Rayon 1 atau yang terdekat adalah masyarakat yang berada di wilayah Pasar Baru, Gang Pincit dan Jalan Juanda. Rayon 2 yakni masyarakat di Kemayoran. Rayon 3 masyarakat Tanah Tinggi. Rayon 4 masyarakat di Kramat dan sekitarnya. Terakhir rayon 5 untuk masyarakat Tanah Abang dan sekitarnya.

"Itu kalau daging kurbannya cukup. Makanya kita akan bagi dulu dari rayon terdekat," imbuhnya.

Sebelum penyembelihan dilakukakan, shalat Idul Adha akan terlebih dahulu dilakaksanakan pukul 07.00 WIB. Adapun shalat akan dipimpin oleh Imam Rawatib Masjid Istiqlal, H Ahmad Husni Ismail.

Sedangkan khutbah akan disampaikan oleh KH Yusuf Mansur. Tema khutbah tahun ini adalah 'Spirit Berkurban Untuk Kesejahteraan Umat'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement