Selasa 06 Aug 2019 08:00 WIB

Tiga Golongan Penghuni Surga

Salah satu golongan penghuni surga adalah pemimpin yang adil

Berdoa Ilustrasi
Foto: Antara
Berdoa Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh:  Imam Nur Suharno     

 Dari Iyadh bin Himar RA berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Penghuni surga itu terdiri dari tiga kelompok, yaitu penguasa yang adil dan disenangi, orang yang mempunyai sifat kasih sayang dan lunak hati kepada setiap sanak keluarga dan setiap muslim, serta orang miskin yang menjaga kehormatan dirinya sedangkan ia mempunyai keluarga.” (HR Muslim).

Baca Juga

Dalam hadis di atas, Rasulullah SAW menyebutkan tiga kelompok manusia yang akan menjadi penghuni surga. Dan dipastikan setiap kita sangat berharap menjadi salah satu dari ketiga kelompok tersebut. Lalu, siapakah ketiga kelompok yang beruntung itu?

Pertama, pemimpin yang adil sehingga antara dirinya dan orang-orang yang dipimpinnya akan tumbuh rasa saling mencintai dan mendoakan.

 

Dalam hal ini Rasulullah SAW pernah bersabda, ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya, salah satunya adalah pemimpin yang adil (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis yang lain, dari Abu Ya’la Ma’qil bin Yasar RA ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Seorang hamba yang diberi Allah kepercayaan untuk memimpin rakyatnya, dan ia mati dalam keadaan menipu rakyat, pasti Allah mengharamkan surga baginya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Kedua, orang yang memiliki kasih sayang. Yaitu, orang-orang yang dapat menyebar rasa kasih sayang kepada sesama manusia tanpa melihat kedudukan, harta, dan tampang.

Diriwayatkan oleh Amr bin Ash Radhiyallahu Anhu dengan hadits yang marfu’, “Orang-orang yang mengasihi akan dikasihi oleh Ar-Rahman. Karena itu berkasih sayanglah kepada siapapun yang ada di bumi, niscaya yang ada di langit akan mengasihi kalian.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Hakim).

  

Ketiga, orang miskin yang dapat menjaga kehormatan. Sehingga tampak dalam diri orang yang miskin itu seakan seperti orang yang berkecukupan, sebab ia dapat menjaga kehormatannya dari belas kasihan orang lain.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT menyukakan orang miskin yang tetap menjaga kehormatan dirinya dan menanggung nafkah keluarganya.” (lihat dalam kitab Kanz al-Ummal).

Semoga kita termasuk salah satu dari tiga kelompok manusia yang akan menghuni surga Allah SWT. Amin.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement