Senin 05 Aug 2019 14:14 WIB

Pesona Masjid Yeni Valide di Istanbul

Menara masjid ini menjulang ke langit dengan atapnya yang berbentuk runcing

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Masjid Yeni Valide, Istanbul, Turki.
Foto: Wikipedia
Masjid Yeni Valide, Istanbul, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika datang ke Turki, siapa pun akan menyaksikan kemegahan dan keindahan masjid di sana. Salah satunya adalah Yeni Valide di distrik Uskudar, Istanbul. Menara masjid ini menjulang ke langit dengan atapnya yang berbentuk runcing, seperti anak panah yang terbang membelah angin.

Halaman masjid ini dipagari dan dipenuhi dengan pohon-pohon yang memberikan Yeni Valide suasana damai seperti taman. Tempat sujud ini dibangun oleh arsitek Mehmet Aga Kayseri (seorang siswa dan arsitek). Nama masjid itu kadang-kadang ditulis dengan kata Arab jadidmenggantikan bahasa Turki yeni yang berarti 'baru'.

Letak bangunannya indah dan proporsional. Ornamen yang menghiasi tembok dan langit-langitnya sungguh indah. Bagian dalam masjid dihiasi dengan indah dengan pola melengkung yang sangat populer pada periode ini.

Air mancur di taman masjid ini cocok dengan keseluruhan jauh lebih baik daripada banyak masjid besar Istanbul lainnya. Air mancur itu diubah dengan canggung di tahun- tahun kemudian.

Pada sebagian kompleks masjid terdapat makam Emetullah Rabiaa Gulnus Sultan yang di bangun dengan gaya 'sangkar burung'. Memunculkan suasana unik dengan air mancur di sebelahnya. Air mancur dan makam dapat di temukan di jalan utama sudut timur kompleks.

Ada juga pondok kerajaan, dinaikkan di atas tingkat utama pada kolom, terpasang ke masjid. Karena Masjid Yeni Valide agak dekat dengan Masjid Sultan Mihrimah, azan di kedua masjid tersebut pun digabung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement