Selasa 23 Jul 2019 12:55 WIB

Eco.J Binaan Rumah Zakat Raih Dekoya Award 2019

Eco.J menjadi Juara 1 dalam kiprahnya terhadap dampak sosial dan lingkungan.

Eco.J binaan Rumah Zakat raih penghargaan Dekoya Award 2019.
Foto: Rumah Zakat
Eco.J binaan Rumah Zakat raih penghargaan Dekoya Award 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ecoprint Jogja atau yang disingkat Eco.J yang merupakan merek dagang kain ecoprint hasil karya kelompok usaha di desa berdaya Brotokusuman binaan Rumah Zakat raih Juara 1 dalam event Dekoya Award. yang di gelar oleh (Dewan Kerajinan Nasional) beberapa waktu lalu bertempat di Plaza Serangan Oemom 1 Maret  Yogyakarta.

Eco.J dipilih oleh dewan juri dari sekian kandidat, menjadi Juara 1 dalam kiprahnya terhadap dampak sosial dan lingkungan. Eco.J bermula dari keinginan Indra, Fasilitator Desa Berdaya untuk memberdayakan warga setempat terutama para ibu rumah tangga.

Baca Juga

photo
Eco.J binaan Rumah Zakat raih penghargaan Dekoya Award 2019.

Lalu dimulailah pada tahun 2017 ia bersama empat orang warga lain akhirnya mengikuti pelatihan ecoprint. Hasil dari pelatihan tersebut mereka aplikasikan di Desa Berdaya Brontokusuman yang menghasilkan karya dengan merek Eco.J.

Eco.J ini menjadi sebuah program inovatif yang tak hanya sekadar sebuah kerajinan yang berasal dari lingkungan melainkan juga memiliki nilai pemberdayaan yang berdampak sosial bagi para pengrajin Eco.J. 

“Allah Akbar, ini adalah penghargaan kami kepada para guru, kepada penyemangat, dan kepada lingkungan yang sudah memberi kebaikan tiada terkira kepada Eco.J,” ujar Indra Fasilitator Desa Berdaya Brotokusuman, Yogyakarta, seperti dalam siaran persnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement