Kamis 25 Jul 2019 22:55 WIB

Ribuan Hafizah Pecahkan Rekor Muri Pembaca Alquran Terbanyak

Pemecahan rekor ini berlangsung di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kota Semarang.

Santri menghapal Alquran
Foto: mgrol118
Santri menghapal Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sebanyak 5.439 perempuan penghafal Alquran dari berbagai daerah telah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia untuk kategori pembacaan Alquran oleh hafidzah terbanyak. Pemecahan rekor ini berlangsung di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kota Semarang, Kamis (24/7).

Sejak pagi, ribuan hafizah dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur, bahkan beberapa dari Malaysia berkumpul dan melantunkan ayat-ayat Alquran di Masjid Agung Jawa Basirun.

Baca Juga

Mereka sengaja datang ke masjid terbesar di Jawa Tengah itu untuk bersama-sama membaca Alquran hingga tuntas 30 juz.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dalam pidato sambutannya mengapresiasi kegiatan membaca Alquran yang dilakukan oleh ribuan hafidzah ini, apalagi kegiatan yang diprakarsai para perempuan penghafal Alquran itu telah memecahkan rekor MURI.

Menurut Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Jateng, kegiatan ini juga tidak lepas dari niat baik mengajak masyarakat membaca Alquran dengan tartil karena kitab suci umat Muslim itu bukan cuma untuk dibaca dan dilombakan, tapi juga harus dapat memahami artinya.

"Pemprov Jateng terus mendorong kegiatan seperti ini dan diharapkan terus berlangsung atau tidak hanya seremonial karena Alquran bukan cuma untuk dibaca dan dilombakan, tapi juga harus dapat memahami artinya dan mengembangkan apa yang diajarkan Nabi Muhammad yaitu Islam yang rahmatan lil alamin," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, putra ulama kharismatik Kiai Haji Maimoen Zubair itu menyampaikan dukungannya atas segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk kebaikan bersama. Gus Yasin meminta semua harus berlomba-lomba dalam kebaikan, termasuk membaca Alquran bersama-sama dan memberikan perhatian kepada para penghafal Alquran.

"Sejak Desember 2018, kami sudah memberikan hadiah Rp 1 juta kepada para penghafal Alquran. Ini adalah salah satu bentuk perhatian kita kepada mereka, maka para ibu nyai yang hadir mewakili daerah masing-masing, saya minta untuk menyampaikan kepada para santrinya, termasuk mengenai ketentuan-ketentuannya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement