Ahad 21 Jul 2019 22:45 WIB

PB Wanita Al Irsyad Apresiasi Lebaran Betawi

Al Irsyad ikut memeriahkan acara Lebaran Betawi pada hari ini di kawasan Monas

Rep: Ali Yusuf/ Red: Hasanul Rizqa
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Politikus PKS Hidayat Nur Wahid disambut kesenian Palang Pintu di Lebaran Betawi 2019, Monas, Jakarta Pusat, Ahad (21/7).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Politikus PKS Hidayat Nur Wahid disambut kesenian Palang Pintu di Lebaran Betawi 2019, Monas, Jakarta Pusat, Ahad (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar acara Lebaran Betawi yang berpusat di kawasan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Ahad (21/7). Berbagai organisasi masyarakat hadir memeriahkan gelaran tersebut, termasuk PB Wanita Al Irsyad.

Ketua Umum PB Wanita Al Irsyad Fahimah Askar mengapresiasi kegiatan yang dihelat Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan ini. Menurut dia, secara umum perhelatan ini berjalan lancar, penuh makna, dan sukses dalam melestarikan budaya betawi di Ibu Kota.

Baca Juga

"PB Wanita Al irsyad mengapresiasi kegiatan Anies Baswedan melaksanakan lebaran betawi," kata Fahimah saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (21/7).

Fahimah menuturkan, Lebaran Betawi adalah suatu ajang di mana warga DKI Jakarta diajak untuk mengenal lebih dekat budaya Betawi. Lebaran Betawi kian berwarna karena disediakannya berbagai macam kuliner khas Betawi yang dapat dinikmati pengunjung secara cuma-cuma.

"Dibukanya stan makanan dan kudapan gratis untuk masyarakat ini bukan hanya melestarikan, tapi mengembangkan budaya Betawi yag sarat dengan muatan agama Islam dan juga budaya Arab, seperti marawis, dan hadroh," lanjutnya.

Fahimah menyampaikan, melalui kegiatan lebaran Batawi ini, masyarakat DKI Jakarta juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprov DKI Jakarta telah bolehkan masyarakat melakukan takbir keliling saat malam takbiran.

"Melalui moment ini juga masyarakat DKI sangat berterimakasih kepada Pemprov yang kembali bolehkan takbir keliling yang merupakan syiar agama Islam dan luapan kegembiraan masyarakat menyambut hari yang fitri," katanya.

Maka dari itu, Fahimah mengatakan, Al Irsyad sebagai ormas tertua yang lahir di tanah Batawi, perlu menjadi bagian memeriahkan kegiatan lebaran Betawi.

"Karena Al Irsyad merupakan salah satu bagian dari Jakarta," katanya.

Al Irsyad kata Fahimah, mempunyai cabang di seluruh Indonesia melalui terbentuknya kepengurusan wilayah(PW) yang program-programnya telah bersinergi dengan Pemprov DKI dan juga di bawahnya ada pengurus cabang (PC) yang telah bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) yang bergerak di bidan pendidikan, sosial, dakwah dan juga ekonomi.

"Khususnya pemberdayaan ummahat dan juga mencerdaskan kaum perempuan secara nasional," katanya.

Selain itu kata Fahimah, harlah ini merupakan ajang silaturahim antar pengurus Al Irsyad di pusat dan wilayah DKI bersama pemerintah kota DKI Jakarta. PB Wanita Al Irsyad DKI berterimakasih kepada PW/PC Al Irsyad  yang telah brsinergi dengan lima wilayah kota di DKI.

"Kami ini mitra pemerintah dalam banyak hal. Baik di tingkat pusat maupun wilayah yang mencakup pendidikan sosial, dakwah juga ekonomi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement