Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Filosofi Logo Baru BPKH

Kamis 18 Jul 2019 18:24 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Hasanul Rizqa

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan logo baru pada milad keduanya. Logo yang digunakan BPKH tahun kedua ini merupakan pemenang pertama saimbara desigen logo BPKH. 

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan logo baru pada milad keduanya. Logo yang digunakan BPKH tahun kedua ini merupakan pemenang pertama saimbara desigen logo BPKH. 

Foto: Republika/Ali Yusuf
BPKH memiliki logo baru yang menyimbolkan semangat dan kepercayaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan logo baru pada kesempatan perayaan milad tahun kedua. Logo yang digunakan BPKH kini merupakan hasil karya pemenang pertama sayembara desain logo BPKH.

Anggota BPKH Bidang Investasi Beny Witjaksono menuturkan ihwal filosofi logo baru tersebut.

Baca Juga

Dia menjelaskan, bentuk kata (font) "BPKH" dirancang dengan cetak tebal, tetapi telah dimodifikasi agar terlihat lebih menarik, tegas, dan dinamis. Warna biru melambangkan BPKH sebagai suatu lembaga yang profesional dan tepercaya (trustworthy).

"Amanah, dan berasaskan pada prinsip syariah, prinsip kehati-hatian, transparan, akuntabel dan memperhatikan," kata Beny saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (18/7).

Selanjutnya, Beny menjelaskan, logo baru ini terinspirasi dari bentuk jabat tangan. Hal ini melambangkan kepercayaan dalam mengelola dana haji di Indonesia. "Jabat tangan yang erat melambangkan keyakinan dan kerja sama dalam membentuk lembaga keuangan yang terpercaya dan amanah," katanya.

Dalam logo baru ini, ada pula elemen yang melambangkan pertumbuhan. Maknanya, pertumbuhan bisnis pada lembaga ini terus berkembang. Visinya menjadikan BPKH lembaga keuangan haji nomor satu di Indonesia.

"Pertumbuhan bisnis akan melahirkan nilai keuntungan yang lebih baik sesuai

akidah bisnis yang baik. Pertumbuhan dalam hal menjaring calon jamaah yang lebih banyak lagi dari tahun ke tahun," katanya.

Ada pula gambar Ka'bah di logo baru BPKH. Ini merepresentasikan citra islami lembaga keuangan haji. Gambar tersebut tampil dengan konsep minimalis sehingga terlihat lebih elegan.

"Bapak ibu sekalian bentuk ini untuk menggambarkan satu tujuan menuju Tanah Suci sebagai mana ibadah haji kita," sebut Beny.

Terakhir, gambar berbentuk lingkaran di sekitar Ka'bah menyimbolka prosesi tawaf. Sebagai salah satu rangkaian ibadah haji, tawaf dilakukan tak hanya oleh manusia yakni jamaah, tetapi juga alam semesta pun bertawaf dengan metode tersendiri. Misalnya, "tawaf" Bumi mengelilingi matahari.

Gambar tawaf itu menyimbolkan semangat BPKH untuk selalu hadir bagi masyarakat Muslim di Tanah Air.

"Sehingga mampu mewakili salah satu bentuk logo untuk BPKH yang akan terus menerus menjadi lembaga yang melayani," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA