Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kalangan Muda Muslim Pilih Kajian Agama di Internet

Selasa 09 Jul 2019 14:45 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko

Dakwah bisa dilakukan melalui internet. Ilustrasi

Dakwah bisa dilakukan melalui internet. Ilustrasi

Foto: kval.com
Koran atau artikel cetak merupakan sumber literasi yang jarang dipilih kalangan muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalangan muda Muslim lebih tertarik mengikuti kajian agama di media sosial. Demikian, studi terbaru yang dilakukan Balai Penelitian dan Pengembangan Kementrian Agama (Balitbang Kemenag).

"Bahwa 90.9 persen dari 400 mahasiswa, menyatakan lebih suka memperoleh informasi keagamaan dari video-video ceramah di internet. Sedangkan koran atau artikel cetak merupakan sumber literasi yang paling jarang dipilih mahasiswa," demikian isi studi terssebut. 

Salah satu peneliti, Muhammad Rosadi menjelaskan, fungsi dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat dan menjelaskan pemahaman literasi keagamaan berdasarkan infomasi keagamaan mahasiswa. Adapun metode yang digunakan adalah metode Mix Model, yaitu penggabungan metode kualitatif dan kuantitatif dengan sistem cluster random sampling.

“Disini kami memilih empat PTKIN, yaitu UIN Jakarta, UIN Bandung, UIN Banten dan IAIN Cirebon,” tutur Rosadi di Jakarta, Selasa (9/7).

Adapun alasan dipilihnya empat kampus tersebut karena keempatnya merupakan PTKIN yang paling banyak diminati. Sedangkan keseluruhan responden, merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester enam.

“Riset ini memberi gambaran bahwa ada perubahan dalam aspek pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa,” ujar Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Agama (Balitbang Kemenag), Rahman Mas’ud.

Fakta ini, katanya, juga sejalan dengan temuan UIN Jakarta yang diterbitkan Februari ini dalam buku berjudul "Masjid di Era Milenial: Arah Baru Literasi Keagamaan" yang menyebut, anak-anak muda tidak lagi tertarik dengan konten dakwah yang disampaikan di masjid.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA