Rabu 22 May 2019 14:21 WIB

Baznas Kembangkan Marketplace Pasarhalal.com

Baznas menggandeng Bukalapak memberikan pelatihan digital kepada 150 mustahik.

Produk dengan label halal terpajang di salah satu supermarket di Jakarta. ilustrasi (Republika/Prayogi).
Foto: Republika/Prayogi
Produk dengan label halal terpajang di salah satu supermarket di Jakarta. ilustrasi (Republika/Prayogi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) saat ini sedang mengembangkan marketplace pasarhalal.com. Dengan hadirnya marketplace Baznas ini, diharapkan akan semakin masif dalam meningkatkan penjualan usaha-usaha mustahik.

Melalui marketplace yang ada di Indonesia saat ini, hubungan antara penjual dan pembeli semakin dekat dan luas menjangkau seluruh Indonesia. Baznas menggandeng Bukalapak untuk memberikan pelatihan berjualan online kepada binaan Baznas.

Baca Juga

"Untuk program 'UKM Goes to Digital' diikuti 150 mustahik binaan Baznas se-wilayah Jabodetabek," ujar Manajer Pemberdayaan Ekonomi Baznas, Eka Budi Sulistyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (22/5).

Menurut dia, perlu diberikan pemahanan tata cara dan strategi dalam berjualan di marketplace (online) yang akan disampaikan oleh tim dari Bukalapak. Kegiatan pelatihan yang dihadiri oleh 150 mustahik binaan Baznas ini juga akan diisi materi tentang 'Bisnis Berdasarkan Asas Ekonomi Syariah' disampaikan oleh Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Irfan Syauqi Beik dan materi tentang 'Pengembangan Usaha UMKM' oleh Trainer Hanif Fansurya.

 

Output pelatihan ini, kata Eka, mustahik akan lebih termotivasi dalam mengembangkan usahanya, mampu membuka pasar yang lebih luas dan meningkatkan omset penjualannya. Dengan tercapainya peningkatan ini maka akan terbangunnya kemandirian mustahik dari sisi ekonomi, selain terus membangun kemandirian dari aspek spiritual dan kelembagaan. Baznas, kata dia, selalu mendorong agar usaha-usaha mustahik dapat terus tumbuh dan bermanfaat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement