Rabu 15 May 2019 21:19 WIB

Dana Targetkan Muzaki Pedesaan Agar Mudah Berzakat

Baznas juga menyiapkan 30 counter khusus melayani ZIS di seluruh Jakarta.

Rep: rahma sulistya/ Red: Dwi Murdaningsih
Launching Kerja sama Baznas dengan Dana di Kedai Pelangi, Jakarta Pusat, Rabu (15/5).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Launching Kerja sama Baznas dengan Dana di Kedai Pelangi, Jakarta Pusat, Rabu (15/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aplikasi dompet digital Dana menargetkan para muzaki di pedesaan agar mereka mudah dalam berzakat. Pada Rabu (15/5) Dana bekerja sama dengan Baznas untuk memudahkan berzakat. Dana telah bersosialisasi ke sejumlah pedesaan, dan memang kebanyakan masyarakat pedesaan sudah memiliki smartphone masing-masing.

Chief Communication Officer Dana, Chrisma Albandjar, mengemukakan kesamaan visi dan misinya dengan Baznas. Mereka membuat aplikasi untuk menebarkan kebaikan.

 

“Kita (Dana dan Baznas) sejalan, sama-sama niat berbuat baik. Dana pertama kali dibuat itu memang tujuannya untuk berbuat baik,” kata dia dalam Launching Kerja Sama Baznas dan Dana yang digelar di Kedai Pelangi, Jakarta Pusat, Rabu (15/5).

 

Indonesia merupakan negara yang luas, dengan jumlah penduduk 267 juta jiwa dan rata-rata masyarakatnya memiliki dua handphone. Untuk internet coverage Indonesia sudah mencapai 67 persen, sehingga sudah wajar jika dalam perekonomian pun sudah menggunakan digital.

 

“Karena kalau pakai tunai, sebagian besar sebaran uangnya masih di Pulau Jawa saja, makanya kalau uang sudah ke luar Pulau Jawa pasti kondisi uangnya sudah jelek. Sekarang, internet ini sudah lebih cepat, pembayaran digital menjadi solusi,” ujar Chrisma.

 

Bahkan, penyebaran aplikasi Dana di desa-desa hingga ke pasar-pasar, mereka semua sudah bisa membayarkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) secara online. “Ketika di daerah ingin transaksi lalu lupa bawa cash akhirnya kan nggak jadi beli. Pokoknya kita juga akan dorong pasar-pasar,” kata Chrisma.

 

Pada pekan depan, akan digelar Jakarta Fair dan nantinya ada counter Dana khusus untuk melayani ZIS. Jadi bagi masyarakat harus install terlebih dahulu aplikasi Dana ini, lalu counter-counter yang sudah bekerjasama dengan Baznas bisa melakukan pembayaran dengan klik scan pada aplikasi di ujung kiri atas, lalu di-scan, dan kemudian memasukkan jumlah yang akan didonasikan.

 

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, mengungkapkan Baznas juga menyiapkan 30 counter khusus melayani ZIS di seluruh Jakarta. “Tidak hanya di mall yang kerja sama dengan Baznas (seperti Lippo Group), tapi juga di beberapa titik lainnya,” kata dia kepada Republika.co.id.

 

Selain itu, QR Code yang dihadirkan, yakni QR Code Zakat Fitrah, QR Code Zakat, dan QR Code Infaq, ini dapat disimpan capture biasa. Sehingga bisa juga dikakukan pindai melalui QR Code yang telah disimpan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement