Rabu 15 May 2019 17:32 WIB

Baznas Sukabumi Targetkan Perolehan Zakat Fitrah Rp 2 Miliar

Kesadaran untuk membayar zakat di Baznas semakin tinggi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Zakat Fitrah
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Zakat Fitrah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi menargetkan perolehan zakat fitrah 1440 H sebesar Rp 2 miliar. Target ini optimistis dapat tercapai karena mulai tingginya kepercayaan warga membayar zakat ke Baznas.

"Tahun ini masih kita targetkan perolehan zakat fitrah Rp 2 miliar,’’ ujar Wakil Ketua III Baznas Kota Sukabumi Muh Kusoy kepada Republika.co.id Rabu (15/5).

Baca Juga

Pada tahun ini besaran zakat fitrah sebesar Rp 30 ribu. Baznas membuat 200 kupon zakat fitrah. Baznas telah menggulirkan gerakan sadar zakat bersama dengan elemen masyarakat lainnya.

Upaya lainnya untuk pencapaian zakat yakni dengan memaksimalkan peran unit pengumpul zakat (UPZ) di dewan kemakmuran masjid (DKM) atau rukun warga (RW) yang berada di tujuh kecamatan dan 33 kelurahan. Saat ini, kata Kusoy, jumlah UPZ DKM atau RW mencapai sebanyak 355 unit.

 

Pada momen pengumpulan zakat fitrah yang baru lalu UPZ ini menjadi salah satu ujung tombak di lapangan. Dana zakat infak, dan shodaqoh (ZIS) yang terkumpul disalurkan kepada delapan asnaf yang berhak menerimanya sesuai syariat Islam. Selain itu disalurkan pada program pemberdayaan dan upaya pengentasan kemiskinan.

Pada 2018 lalu Baznas mencetak kupon zakaf fitrah sebanyak 150 ribu lembar. Namun yang terwujud hanya 70 ribu.

Kondisi ini ungkap Kusoy disebabkan ada warga yang membayar zakat langsung kepada delapan asnaf atau melalui lembaga zakat lain. Namun ke depan ia optmistis Baznas akan menjadi pilihan utama bagi warga untuk menyalurkan zakat fitrah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement