Rabu 13 Mar 2019 08:08 WIB

Penyebab Perang Badar

Badar Nama suatu tempat yang terletak antara Makkah dengan Madinah

Ilustrasi pasukan muslim di gurun pasir
Foto: saharamet.org
Ilustrasi pasukan muslim di gurun pasir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- “Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya.” (QS Ali Imran [3]: 123).

Baca Juga

Badar Nama suatu tempat yang terletak antara Makkah dengan Madinah yang terdapat mata air. Tempat ini menjadi pemberhentian sekaligus perlintasan kendaraan, baik yang menuju Makkah atau Jeddah, maupun yang kembali ke Madinah.

Jaraknya sekitar 148 kilometer (km) dari Madinah. Jika melakukan perjalanan ke sana dari Jar di pantai Laut Merah, menghabiskan waktu satu malam. Di lokasi inilah terjadi perang Badar.

Penyebab Perang Badar

» Pengusiran Kaum Muslimin dari Kota Makkah

Kaum muslimin selalu mendapatkan teror dan pengusiran oleh kaum musyrikin. Tak jarang, umat Islam ditindas dan dizalimi. Bahkan rumah dan harta benda mereka dirampas.

» Penindasan Terhadap Umat Islam 

Walaupun sudah hijrah ke Madinah, kaum kafir

Quraisy masih suka mengganggu dan menindas umat Islam. Kaum Muslim yang berdagang dizalimi dan disiksa. Barang dagangannya dirampas.

» Memberi Pelajaran kepada Quraisy

Sebagai balasan atas kekejaman dan kezaliman yang dilakukan kaum kafir Quraisy, maka Rasul mempersiapkan umat Islam untuk memberi pelajaran kepada kafilah dagang Quraisy.

Waktu

Peristiwa Perang Badar itu terjadi pada Jumat, 17 Ramadhan 2 H, atau bertepatan

dengan 13 Maret 624 Masehi.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement