Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

IHW Sosialisasikan Produk Halal Kepada Warga Ciamis

Selasa 26 Feb 2019 00:12 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga diharap mampu memahami proses pembuatan produk halal dari pabriknya.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Indonesia Halal Watch (IHW) menemui langsung warga Banjar, Ciamis, Jawa Barat, untuk sosialisasi produk halal. Warga diharapkan mampu memahami dalam membeli produk yang sudah terjamin halalnya, serta memahami juga proses pembuatan produk halal dari pabriknya.

Baca Juga

“Kami menyosialisasikan produk halal dan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH), acara ini rangkaian untuk peserta Expo di MUNAS Nahdlatul Ulama (NU),” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW), Ikhsan Abdullah, di Banjar, Ciamis, Jawa Barat, Senin (25/2).

Sosialisasi ini juga dilakukan, menyusul sedang digodoknya aturan Juleha dalam UU JPH agar pada Oktober 2019 bisa segera disahkan. Kemudian, saat undang-undang ini telah sah, maka masyarakat sudah paham melalui sosialisasi yang sedang dijalankan ini.

“Yang segera wajib bersertifikasi memasuki mandatory sertifikasi halal atau wajib bersertifikasi halal sesuai Pasal 4 UU JPH mulai 17 Oktober 2019,” papar Ikhsan lagi.

Penjelasan mengenai produk halal ini, bukan hanya menyoal pada pangan, tapi juga dalam segala hal yang berhubungan dengan keseharian masyarakat Muslim. Ikhsan juga menjelaskan kepada masyarakat bagaimana suatu produk dapat dikatakan halal, harus dilihat dari proses ‘dapur’ produksinya hingga pengemasan sampai pada penjualannya. “Produk halal ini meliputi makanan, minuman, obat, kosmetik dan barang gunaan,” jelas dia lagi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA