Selasa 26 Feb 2019 05:08 WIB

Sedekah Sampah Lahirkan Warung Berdaya di Cirebon

Uang hasil panen pengolahan sampah disedekahkan melalui Rumah Zakat.

Sedekah sampah lahirkan warung berdaya di Cirebon.
Foto: dok. Rumah Zakat
Sedekah sampah lahirkan warung berdaya di Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, Kamis (21/2) Rumah Zakat melaunching Warung berdaya bertempat di RW 10 Samadikun Selatan Kelurahan Kesenden KecamatanKejaksan Kota Cirebon. Wilayah ini juga termasuk Desa Berdaya Rumah Zakat.

Warung Berdaya merupakan salah satu pengembangan dari program Sedekah Sampah yang telah berjalan sejak pertengahan tahun 2018 di RW 10 Samadikun Selatan. Selama tujuh bulan berjalan terkumpul sampah plastik sejumlah 1.257 kg dengan rata-rat perbulan 179 kg dari 131 anggota.

Baca Juga

Sedekah Sampah merupakan program pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan mengikhlaskan hasil panen sampah untuk keperluan kegiatan kesehatan/sosial.

Warung berdaya dihadirkan dengan tujuan pertama terbentuknya wadah kegiatan perekonomian yang diinisiasi dari sedekah sampah. Selain itu, masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, tumbuhnya budaya mengelola, ketiga masyarakat lebih berdaya dan mandiri dengan memanfaatkan sampah tersebut.

“Warung Berdaya ini merupakan inovasi pengembangan program Sedekah Sampah yang telah berjalan di wilayah binaan Rumah Zakat, besar harapan kami dari Rumah Zakat agar masyarakat lebih berdaya untuk bisa lebih sejahtera,” ujar Iman Handiman, Branch Manager Rumah Zakat Cirebon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement