Ahad 24 Feb 2019 16:00 WIB

Destinasi Wisata Halal di Spanyol, Di Mana Saja?

Andalusia merupakan kota yang di dalamnya terdapat banyak warisan peradaban Islam.

Andalusia, Spanyol
Foto:

Istana tersebut menjadi monumen nasional pada tahun 1931. Lokasinya ber ada di Cerro de las Torres, Malaga. Cas tillo Arabe dibangun oleh orang-orang Arab yang berasal dari zaman Fenisia dan Romawi. Bangunan tersebut merupakan ruangan tertutup dengan gerbang lengkung tapak kuda yang runcing.

Untuk memahami sejarah kastil tersebut, pengunjung terlebih dahulu dapat menyusuri Jembatan Muslim kuno sebelum mendaki gunung Castillo Arabe. Di sana akan terasa semangat dan kekuatan pertahanan Muslim dan. Pemandangan yang memukau saat berjalan di reruntuhan benteng tersebut juga dapat dinkmati pengunjung. Sejarah Castillo Arabe berasal dari abad ke-12.

Malaga terkenal dengan taksi sepeda (trixis). Trixis merupakan cara cepat untuk melihat Kota Malaga. Taksi sepeda layak un tuk manjadi pilihan perjalanan pada semua cuaca serta alat transportasi ke lokasi itu yang kebetulan berada di Malaga juga.

Wisatawan yang mengunjungi Castillo Arabe juga dapat sampai di sana menggunakan kereta lokal bernama Alhameda yang terletak di Explanada de la Estacion, dekat Museum CAC. Malaga juga memiliki sistem metro dua jalur yang berangkat dari pusat ke barat dan barat daya kota, mulai dari Maria Zambrano.

Alhambra

Bangunan yang mendunia itu berada di Kota Andalusia, tepatnya San Anton 72 Granada. Alhambra juga dikenal sebagai mutiara yang tenggelam dalam zamrud. Kompleks tersebut merupakan istana dan benteng yang dianggap sebagai salah satu tempat wisata utama di Spanyol. Konstruk sinya menggambarkan arsitektur Islam yang paling mendasar dan terkenal.

Awalnya bangunan tersebut dibangun sebagai benteng kecil tahun 889 M pada sisa-sisa benteng Romawi. Lalu, kompleks ter sebut dibangun kembali pada per tengahan abad ke-13 oleh Nasrid Emir Mohammed bin Al-Ahmar dari Emirat Granada. Alhambra ditetapkan menjadi benteng kerajaan pada tahun 1333 oleh Yusuf I, Sultan Granada. Istana tersebut ditetapkan sebagai benteng militer karena posisi taktisnya untuk mengamati kota secara keseluruhan.

Alhambra kini menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Benteng tersebut juga merupakan inspirasi untuk beberapa lagu dan cerita. Dekorasi hiasan istana tersebut terdiri atas prasasti Arab yang terpatri dalam cetakan geometris. Mosaik lantai dengan pola-pola matematis yang rumit pada prinsipnya digunakan sebagai panel untuk bagian bawah.

Terlepas dari referensi historisnya, ada bermacam-macam situs berbeda yang dapat dinikmati, mulai dari Alcazaba dan istana-istana, the Hall of the Boat, bangunan Baths, Patio of the Lions, hingga Comares Room dan Justice Gate.

Karena wisatawan terlalu padat pada periode puncak musim panas, untuk berwisata ke tempat tersebut pengunjung harus memesan wisata dan tiket sebelumnya untuk menghindari kekecewaan. Idealnya, berkunjung selama musim dingin akan lebih baik untuk menghindari keramaian.

Mezquita del Cristo de la Luz

Bangunan tersebut merupakan masjid jami pertama di Toledo. Tempat sujud tersebut berdiri pada periode Moor. Kon struksinya kemudian dikenal sebagai Mez quita Bab-al-Mardum. Namanya diambil dari gerbang kota Bab al-Mardum. Kem bali dari masa lalu pada abad ke-10, bangun an tersebut merupakan monumen Moor standar yang masih berdiri tegak sampai hari ini.

Terdapat tulisan Arab di ujung barat daya yang menampilkan sejarah bagai mana masjid berubah dari waktu ke waktu. Bangunan antik tersebut sangat menarik karena merupakan campuran dari beberapa budaya. Pilar-pilar dan gerbang lengkung tapak kudanya terdiri atas sembilan bagian, yang tiap bagian memperlihatkan desain geometri yang rumit.

La Madraza Granada

Bangunan tersebut didirikan pada tahun 1349 oleh Raja Nasrid Yusuf I, Sultan Granada. Madrasah Granada merupakan masjid dan sekolah. Di sana dahulu orang-orang mempelajari teologi, kedokteran, hukum, astronomi, logika, matematika, geometri, dan mekanika.

Bangunan tersebut begitu menge sankan layaknya karya-karya lain dari Yusuf I, Sultan Granada. Lantainya terbuat dari mar mer putih. Muka bangunan abad ke- 18 itu dihiasi dengan prasasti puisi dan filsafat. Mihrabnya berasal dari abad ke-14. Konstruksi bangunan tersebut berada di bawah kepemilikan Universitas Granada.

Untuk menuju ke sana sebagai pengganti AVE, ada juga kereta yang lebih murah, yaitu Renfe, seperti Lanzaderas ke Seville dan Malaga (sekitar ?15 sampai ?20) atau kereta Altaria dan Alivia me nuju Granada (2 jam 30 menit) dan Madrid (2 jam 30 menit). Anda dapat merujuk ke Renfe untuk melihat jadwal, harga, dan tiket.

Granada memiliki bandara yang terletak 12 kilometer di sebelah barat kota. Per jalanan bus yang rutin dari Seville, Málaga, Madrid, dan Cordoba juga tersedia. Stasiun bus berada sekitar 2 mil dari pusat kota. Dibutuhkan tidak lebih dari 10 menit dengan bus (bus lokal SN1, ?1,20 sekali jalan), atau 30 menit jika Anda memilih berjalan untuk sampai ke stasiun kereta. Madrasah tersebut tepat berada di Espacio V Centenario, Avda, Madrid, s / n, 18071 Granada, Spanyol.

Pengunjung yang ingin menikmati makanan halal dapat mengunjungi Halal Butcher: Carnicería Albaicin di Calderería Vieja 16, Albaicin, Churreria Desi di Acera del Darro dan Calle Palencia 20, Zaidin dan Halal Tapas di Om Khalsoum on Calle Jardines. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement