Jumat 15 Feb 2019 05:05 WIB

Berpisah demi Dakwah

Kedatangan datang di tengah-tengah kesulitan.

Hijrah, ilustrasi

Lihatlah perjuangan para sahabat Nabi demi menyelamatkan agama mereka. Harta yang mereka kumpulkan mereka nafikan. Kedudukan yang terhormat mereka abaikan. Bahkan, di antara mereka ada yang menahan duka terpisah dari orang-orang tercinta.

Selama dalam perjalanan menuju Madinah, Ummu Salamah memiliki kesan tersendiri terhadap Utsman bin Affan. Ia merasa menemukan kemudahan tak terduga. Bahkan dalam benaknya, Ummu Salamah tertegun dengan perilaku Utsman. “Demi Allah, tidak pernah aku berjalan bersama seorang lelaki Arab yang aku lihat lebih memuliakan aku lebih dari yang dia lakukan,” katanya.

Ia pun menjelaskan, Utsman benar-benar menghargai perempuan. Ia memberikan kesempatan baginya ketika turun dari unta hingga turun secara sempurna. Ia tetap menjaga jarak, meski selama dalam perjalanan kedekatan mungkin saja tercipta.

Begitu juga saat hendak memulai perjalanan, Utsman mempersilakan Ummu Salamah mengendarai unta dengan menjaga posisi agak menjauh. Perlakuan itu tak ayal mendatangkan rasa kenyamanan, meski Ustman merupakan orang asing. Sikap sopan dan penuh penghormatan ini ia lakukan hingga tiba di Madinah.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement