Sabtu 19 Jan 2019 06:06 WIB

Banyak Jalan Menuju Surga

Untuk mencapai surga, ada berbagai cara yang bisa dilakukan seorang Muslim.

Surga (ilustrasi)
Foto:

Salah satu keutamaan menjalankan shalat lima waktu di tulis dalam HR Muslim. Di mana Nabi SAW bersabda,"Antara sha lat yang lima waktu, antara Jum at yang satu dan Jumat berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan di ampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar."

Dosa-dosa besar yang dimaksud di sini bukan hanya tujuh hal yang sering disebutkan, seperti syirik, menuduh wanita salehah berbuat zina, sihir, membunuh tanpa haq, memakan harta anakanak yatim, riba, dan meninggalkan peperangan. Dosa besar yang dimaksud adalah perbuatan yang merugikan tidak hanya dirinya, tapi juga orang lain.

"Secara garis besar, dosa besar adalah segala perbuatan yang diancam hukum di dunia, yang dilaknat Allah maupun Rasul- Nya, dan yang diazab atau dilaknat serta masuk ke neraka tertentu di akhirat. Ini yang diformulasikan oleh imam-imam besar yang ada. Jadi, dosa besar bukan tujuh hal saja," ujar Ustaz Ali.

Perihal keutamaan menjalan kan shalat wajib lima waktu, menurutnya merupakan hal yang sudah jelas aturannya. Shalat ada lah fondasi agama dan hal yang pertama kali dihisab atau dihitung oleh malaikat saat di akhirat. Ustaz Ali menyatakan kedudukan shalat dan bersuci atau kebersihan dalam Islam sangat tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement