Senin 07 Jan 2019 09:36 WIB

Bahasa Arab Bahasa Alquran, Berapa Jumlah Kosakata Arab?

Jumlah ini menempatkan bahasa Arab bahasa dengan kosakata terkaya sepanjang sejarah.

Seorang santri menulis aksara Arab di sebuah papan bahasa/Ilustrasi
Foto: Republika
Seorang santri menulis aksara Arab di sebuah papan bahasa/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Hari Bahasa Arab Internasional telah digelar Desembar 2018 lalu, tepatnya pada tanggal 18. Peringatan Bahasa Arab Internasional pertama dihelat pada 2012 oleh UNESCO.

Hingga detik ini, bahasa Arab merupakan bahasa sehari-hari tak kurang dari 420 juta penduduk negara berbahasa Arab. Tak hanya itu, bahasa ini juga digunakan oleh 1,5 miliar umat Islam di penjuru dunia, dalam sehari-hari mereka, entah saat melakukan shalat, membaca Alquran, dan menelaah hadis. 

Baca Juga

Tahukan Anda jika salah satu keistimewaan bahasa Arab terletak pada jumlah kosakatanya. Tiap kabilah bisa jadi juga mempunyai dialek masing-masing. Lantas, berapakah jumlah kosakata bahasa Arab?

Dalam kitab al-Mufashal fi Tarikh al-‘Arab Qabl al-Islam, al-Iraqi Jawwad Ali menyebutkan jumlah kosakata Arab mencapai 12,3 juta kosa kata. Bilangan tepatnya yaitu 12.305.052 kosakata. Jumlah ini menempatkan bahasa Arab sebagai bahasa dengan kosakata terkaya sepanjang sejarah.   

 

Setidaknya ada dua sebab mengapa bahasa Arab begitu kaya. Faktor pertama yaitu akar kata bahasa Arab yang sangat beragam. Dari akar kata tersebut, bisa muncul beragam kata yang memiliki pemaknaan berbeda.

Faktor kedua adalah kata-kata yang bentuknya serupa tetapi mempunyai pemaknaan yang berbeda (taraduf). Ini misalnya, satu kabilah mempunyai satu kata, meski sama, tetapi bisa jadi arti dan penggunaannya berbeda. Misalnya kata melihat. Dalam bahasa arab, melihat mempunyai banyak padanan kata di antaranya ra’a, nadzhara, syahada, bassha, ‘ayana, dan abshara. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement