Sabtu 08 Dec 2018 08:26 WIB

Suci dengan Thaharah

Bersih lebih bersifat fisik, sementara suci lebih dekat dengan spiritual.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Bersuci/ilustrasi
Foto:

Tidak selamanya bersih itu suci. Dalam buku Percikan Sains dalam Alquran, Ir Bambang Prang gono mengungkapkan, jika harus memilih antara bersih dan suci, dia pun membandingkan antara halal dan baik atau cantik dengan salehah. Bersih lebih bersifat fisik, sementara suci lebih dekat dengan spiritual.

Paradigma Islam mengandung kekontrasan. Agak kotor bisa saja dianggap suci. Bila ukur an lahiriah yang dipakai, pa kaian ihram jelas tidak memenuhi syarat kebersihan dan tidak so pan. Dua lembar kain handuk di pakai handuk dipakai beberapa hari tanpa celana dalam dan sing let. Tentu sedikit banyak akan ter kena rembesan keringat atau cairan tubuh lain.

Ihram adalah pakaian kebesaran Muslim. Ia pakaian terhormat di hadapan Allah SWT, se telan jas tuksedo merek Lanvin yang baru, dasi Gucci, dan sepatu Bally tidak bisa mengungguli kemuliaan dua helai kain ihram kusut di Arafah.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, suci amat penting. Ketika mencari pasangan hidup, seorang Muslimah diharamkan un tuk memilih calon suami yang musyrik. Meski dia ganteng dan macho. "Dan jangan kamu nikahi lelaki musyrik sampai dia ber iman. Budak belian yang beriman lebih baik bagimu daripada lelaki musyrik, meski ketampanannya menakjubkanmu" (QS al-Baqa rah:221).

Demikian dengan standar me milih perempuan. Standar calon istri ideal menurut Alquran ada lah cantik bagaikan bidadari. Salah satu karakteristik bidadari di surga adalah kesuciannya. "Me reka itu belum pernah disentuh sebelumnya oleh manusia atau jin." (QS ar-Rahman 55-56).

Karena itu, calon istri ideal ada lah mereka yang belum per nah dipacari dan disentuh pemu da lain. Namun, tidak mengapa ke tika memilih janda yang pernah menikah dengan sah. Dia te tap suci sebab bersentuhan de ngan suami sebelumnya di atas kalimat Allah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement