Ahad 25 Nov 2018 08:13 WIB

Rahasia Zakat

Zakat yang kerap dibaca beriringan dengan kata shalat ini punya untaian rahasia.

Zakat
Foto:

Namun, zakat punya makna lebih dari itu. Zakat yang kerap dibaca beriringan dengan kata shalat ini punya untaian rahasia berharga. Rahasia yang diungkapkan Imam Al Ghazali dalam Ihya Ulumuddin.

Menurut sang imam, zakat bahkan tidak terlepas dalam pengejawantahan tauhid. Pelaksanaan tauhid memiliki persyaratan untuk kesempurnaannya. Orang yang mengaku bertauhid tidak mencintai apa pun dan siapa pun kecuali Sang Tunggal Yang Mahaesa. Sesungguhnya cinta tidak menerima penyekutuan.

Tauhid dengan lisan memiliki sedikit pengaruh. Sementara, tingkat kecintaan hanya dapat teruji dengan melepas apa yang dicintai. Berhubung harta adalah sesuatu yang dicintai makhluk, harta pulalah yang menjadi alat kesenangan dunia mereka. Karena harta, mereka menggandrungi dunia ini dan lari dari kematian.

Meskipun dalam ke mati an terdapat pertemuan de ngan Kekasih. Karena itu, mereka pun diuji dalam kejujuran pengakuan mereka tentang Sang Kekasih. Mereka juga diminta un tuk melepas harta yang men jadi objek pandangan mereka.

Imam Al Ghazali menjelaskan, transaksi terbesar orang mukmin dengan Allah SWT terlaksana dengan jihad. Mereka mengorbankan nyawanya demi bertemu Allah Azza Wa Jalla.

Harta sesungguhnya merupakan transaksi dengan nilai yang lebih ringan dibandingkan nyawa. "Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri me reka dan harta mereka dengan surga bagi mereka," (QS at-Tau bah [9]: 111).

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement