Jumat 09 Nov 2018 05:00 WIB

Mengambil Cahaya Al-Ashr

Ayatnya ringkas, tiga ayat saja. Namun, kandungannya teramat luas.

ilustrasi merenungi waktu dan dosa
Foto:

Keempat, saling menasihati dalam hal kesabaran. Kesabaran berkaitan erat dengan kebenaran. Pengulangan huruf jar dan fiil menunjukkan keterkaitan tujuan untuk memperlihatkan kesempurnaan perhatian. Kesabaran ini di sini juga bermaksud menghindari kemaksiatan yang diinginkan setiap manusia, bersabar dalam menjalani ketaatan, dan bersabar menghadapi semua musibah yang diujikan.

Membaca rentetan hikmah dan kandungan surah al-Ashr seharusnya menumbuhkan kesadaran. Tatanan masyarakat bisa menjadi baik jika setiap manusianya menyadari proses perbaikan. Mulai dari diri sendiri terus secara kontinu, lantas diaplikasikan dalam proses saling menasihati dan mengingatkan.

Tiga ayat ini menemukan realitas yang terbolak-balik dalam kehidupan. Ada sebagian kalangan yang semangat luar biasa mengingatkan orang lain, namun diri sendiri rapuh dalam kebaikan. Di ujung yang lain ada banyak yang khusyuk tenggelam dalam kenikmatan ibadah tanpa peduli di dekatnya terjadi kemaksiatan yang mengganggu.

Tiga ayat menjabarkan lengkap proses tersebut. Maka, tak heran jika Imam Syafi'i terkait surah ini pernah berkomentar, "Seandaianya Alquran yang diturunkan kepada manusia hanya surah ini, niscaya itu sudah mencukupi." n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement