Ahad 14 Oct 2018 21:57 WIB

Manusia dan Keterbatasannya

Tingkah laku manusia tidak hanya beragam, tetapi juga paradoks.

Berdoa Ilustrasi
Foto:

Kemudahan ini akan diperoleh dalam setiap usahanya, sehingga berujung kepada kebaha- giaan. Dengan sikap suka memberi (tolong-menolong), dia akan ditolong. Dengan integritas yang kuat, orang akan percaya. Jika orang itu suka berbuat baik dan membenarkan kebaikan, tidak jarang dia mendapat balasan lebih baik.

Individu-individu yang berlaku demikian akan membentuk fondasi masyarakat yang kuat.Karena itu, ujar Salman, ketika satu anggota masyarakat bergerak, gerakannya itu akan mendorong warga lainnya untuk ikut bergerak. Dengan demikian, masyarakat pada tingkat yang lebih luas akan semakin maju.

Setelah menjelaskan sikap baik manusia, Allah SWT pun men jelaskan tentang lawannya yakni sikap buruk. Tetapi orang yang kikir dan merasa dirinya sudah cukup. Dan mendustakan segala yang baik. Maka sungguh Allah akan memudahkan baginya kesulitan.

Mereka akan mendapat kesulitan demi kesulitan. Pada setiap lang kahnya berujung pada keseng saraan. Orang serakah akan di benci, orang angkuh dijauhi, dan orang yang mengingkari kebaik an akan dimusuhi. Mereka akan memperoleh kesulitan dalam hidupnya. Sikap negatifnya akan merongrong masyarakat, sehingga fondasi sosial semakin melemah.

Hartanya tidak akan berguna bila ia ia sudah tersungkur (QS al-Lail: 11). Sifat serakah, angkuh, dan ingkar itu akan menghilangkan kepercayaan masyarakat. Ketiadaan kepercayaan hanya akan membuat yang bersangkutan jatuh tanpa ada yang menolong. Kekayaan yang tadinya dibangga-banggakan tidak akan berarti apa-apa.

Meski sudah mendapatkan akibat dari perbuatannya di dunia, Allah SWT tetap memungkinkan manusia untuk mendapat petunjuk. Allah telah mewajibkan diri-Nya mengasihi makhluk-Nya. Hidayah-Nya ada di mana-mana. Dalam kitab alam, kitab wahyu, hingga kitab manusia itu sendiri. Mereka diberi kemauan untuk memilih. Mengambil atau tidak hidayah tersebut.

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement