Rabu 10 Oct 2018 22:12 WIB

Malam Kebudayaan Pesantren di Ponpes Krapyak

Krapyak memang memiliki sejarah panjang sebagai sebuah pondok pesantren

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agung Sasongko
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan saat acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1439 H/2018 di Jakarta, Selasa (2/10).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan saat acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1439 H/2018 di Jakarta, Selasa (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menghadiri Malam Kebudayaan Pesantren di Panggung Krapyak, Kabupaten Bantul, DIY. Gelaran itu sendiri dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional.

Menag menjelaskan, kalau Malam Kebudayaan Pesantren memang dilakukan secara bersama santri-santri di sejumlah pondok pesantren. Ini jadi lanjutan Muktamar Pemikiran Santri Nusantara yang telah dibuka sebelumnya.

Malam Kebudayaan Pesantren menampilkan kebolehan-kebolehan mulai pembacaan puisi, permainan musik, stand up comedy dan lain-lain. Intinya, memberikan penekunan kalau santri kini memiliki tanggung jawab lebih.

"Bagaimana agar menjaga dan memelihara keindonesiaan kita yang tetap memegangi nilai-nilai agama dalam menjalani kehidupan bersama hari ini dan ke depan," kata Lukman, Rabu (10/10) malam.

Pemilihan lokasi Malam Kebudayaan Pesantren di Ponpes Krapyak sendiri karena bertepatan dengan dilaksanakannya Muktamar Pemikiran Santri. Karenanya, banyak narasumber memang sengaja dihadirkan.

Terlebih, lanjut Lukman, Krapyak memang memiliki sejarah panjang sebagai sebuah pondok pesantren yang telah banyak melahirkan alumni. Mereka telah begitu banyak memberi kontribusi dan kemaslahatan di tengah-tengah masyarakat.

"Karenanya, kita ingin mengambil berkah dari Pondok Pesantren Krapyak," ujar Lukman.

Panggung Krapyak merupakan salah satu bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak Kesultanan Mataram. Lokasinya berdekatan dengan Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak.

Malam Kebudayaan Pesantren dihadiri pula Gus Hilmy dan novelis Habiburrahman El Shirazy atau akrab disapa Kang Abik. Selain itu, turut memeriahkan penyanyi Veve Zulfikar dan komika Dzawin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement