Rabu 10 Oct 2018 19:00 WIB

Masjid Moscow Simbol Pengakuan Eksistensi Umat Islam

peresmian masjid tersebut dilakukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin

Umat Islam saat melaksanakan shalat Jumat di salah satu masjid di Kota Moscow.
Foto:

Pada September 2015 Masjid Raya Moskow pun dibuka untuk umum. Masjid ini terdiri atas tiga lantai.Kubah utama yang menaunginya berdiameter 27 meter dengan tinggi sekitar 40 meter. Kubah ini diketahui juga berlapiskan emas dengan massa 12 kilogram. Dua buah menara di kanan dan kirinya masing-masing setinggi 75 meter.

Setiap kubah di sana dilapisi dengan campuran tembaga dan seng titanium, sehingga menampakkan kesan yang elegan.Permukaan dinding dan lantainya pun dilapisi pualam dan granit berkualitas tinggi.Dengan nuansa yang modern, unsur budaya Tatar tetap bertahan pada masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Muslim Rusia tersebut.

Pembangunan Masjid Raya Moskow menelan dana tidak kurang dari 170 juta dolar AS. Dewan mufti setempat menuturkan kepada Reuters, donasi untuk membangun masjid ini datang dari banyak pihak, termasuk para pengusaha dan pemerintah di Kazakhstan dan Turki.

Bahkan, Presiden Mahmoud Abbas juga turut menyumbang uang sebesar 26 ribu dolar AS atas nama rakyat Palestina. Adapun mayoritas donasi diketahui berasal dari seorang pebisnis Rusia, Suleyman Kerimov.

Bagi umat Islam Rusia, kehadiran Masjid Raya Moskow tentunya mengobati luka batin setelah perobohan Masjid Tatar di lokasi yang sama. Pendirian masjid ini juga menandakan signifikansi kaum Muslim sebagai salah satu unsur pendukung persatuan bangsa dan negara Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement