Selasa 09 Oct 2018 11:59 WIB

Muslim Ohio Ohio Fokus Sebarkan Pemahaman Soal Islam

Hari Islam Ohio berisi berbagai acara untuk mengenalkan Islam.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah
Miami Valley Islamic Association (MVIA) yang berada di negara bagian Ohio, Amerika Serikat akan merayakan Hari Islam Ohio atau Islamic Day of Ohio.
Foto: Springfield News Sun
Miami Valley Islamic Association (MVIA) yang berada di negara bagian Ohio, Amerika Serikat akan merayakan Hari Islam Ohio atau Islamic Day of Ohio.

REPUBLIKA.CO.ID, SPRINGFIELD -- Miami Valley Islamic Association (MVIA) yang berada di negara bagian Ohio, Amerika Serikat akan merayakan Hari Islam Ohio atau Islamic Day of Ohio pada Sabtu (13/10) mendatang. Acara itu bertujuan membagi budaya Islam dengan komunitas Springfield.

Dilansir di AhlulBayt News Agency, pada Selasa (9/10), acara tersebut terbuka untuk umum dan gratis. Acara akan diselenggarakan pada pukul 18.00 sampai 21.00 waktu setempat di Auditorium Bayley, Universitas Wittenberg, Springfield, Ohio.

Hari Islam Ohio adalah acara tahunan yang diselenggarakan negara bagian setiap Sabtu kedua pada Oktober. Hari Islam Ohio juga telah diakui oleh negara bagian itu dan telah dirayakan selama 31 tahun terakhir, tetapi belum dilakukan secara lokal sejak 1997.

Peristiwa seperti serangan teroris pada 11 September 2001 menyebabkan banyak informasi yang salah tentang Muslim secara keseluruhan. Kolaborasi antaragama baru-baru ini, termasuk acara berita khusus CBS News "Beyond Tolerance" 2017 dan MVIA telah membantu membangun pemahaman terhadap budaya mereka.

 

Akber Mohammed memimpin acara lokal terakhir dan telah berpikir selama dua atau tiga tahun terakhir untuk menghidupkan Hari Islam Ohio kembali. Ia merasa waktu yang tepat dilaksanakan pada 2018. Ia juga akan melakukan pengenalan program pada acara tersebut.

"Ini adalah undangan terbuka untuk orang-orang dari semua agama, dari sinagog dan gereja, untuk mendengar presentasi kami," kata Mohammed.

Kegiatan ini mengundang orang-orang dari berbagai agama untuk mengenal tetangga Muslim mereka. Dalam acara tersebut akan menghadirkan pembicara utama dan tamu kehormatan Todd Green. Green adalah penulis tiga buku tentang islamofobia.

Selain itu, Imam Mustafaa Islam dari Masjid An-Nur akan menjadi pembicara utama dan Imam Yunus Lasania dari Masjid Al-Madinah akan membaca Alquran. Sementara, Mohammed dan Samina Ahmed yang akan menjadi pembicara penutup. Mereka juga sebelumnya terkesan mendengar Green berbicara di Wittenberg. Mereka segera memikirkannya agar Green dapat berbicara di acara mereka.

"Orang-orang tidak menyadari islamofobia adalah kenyataan dan mereka adalah ahli untuk mendukungnya. Orang-orang harus tahu kami memiliki nilai-nilai yang baik dan ini akan menunjukkan iman Islam yang sebenarnya," kata Mohammed.

Program ini juga akan mencakup pemberian penghargaan. MVIA meminta nominasi untuk anggota departemen kepolisian, departemen sheriff, dan perawat Springfield Regional Medical Center untuk diberi penghargaan.

Menurut Ahmed, Wali Kota Springfield Warren Copeland yang akan memberikan penghargaan. Penghargaan itu akan mencerminkan orang-orang yang berdedikasi membantu komunitas Springfield. Tujuannya adalah agar ini menjadi acara tahunan lokal untuk melanjutkan niat baik antaragama.

"Kami ingin membangun jembatan, bagi non-Muslim untuk mengenal satu atau semua dari kita di masyarakat," kata Ahmed.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement