Jumat 21 Sep 2018 19:15 WIB

Wali Kota Depok Resmikan Masjid Ilhami Sawangan

Masjid juga dilengkapi dengan CCTV yang tersebar di beberapa titik.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Maman Sudiaman
Wali Kota Depok, Mohammad Idris meresmikan  Masjid Ilhami yang berada di Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Depok, Jumat (21/9). Masjid yang cukup indah dan megah ini merupakan bagian dari pemanfaatan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos-fasum) dari Perumahan Villa Rizki Ilhami.
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Wali Kota Depok, Mohammad Idris meresmikan  Masjid Ilhami yang berada di Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Depok, Jumat (21/9). Masjid yang cukup indah dan megah ini merupakan bagian dari pemanfaatan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos-fasum) dari Perumahan Villa Rizki Ilhami.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok, Mohammad Idris meresmikan Masjid Ilhami yang berada di Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Depok, Jumat (21/9). Masjid yang cukup indah dan megah ini merupakan bagian dari pemanfaatan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos-fasum) dari Perumahan Villa Rizki Ilhami.

"Masjid ini indah dan megah dan wajib kita menjaganya dengan tulus dan ikhlas. Tidak hanya menjaga raga dan tapi juga menjaga jiwa dengan kewajiban kita memakmurkan masjid untuk beribadah," ujar Idris.

Menurut Idris, patut dicontoh setiap pengembang perumahan agar juga membangun sarana ibadah untuk warga di lingkungan perumahan. Sudah seharusnya setiap pengembang perumahan juga membangun fasilitas ibadah dan fasilitas sosial dan fasilitas umum lainnya. "Jangan lupa juga wajib juga membangun ruang terbuka hijau, berupa taman-taman," tuturnya.

Zikri, selaku Direktur PT RMA yang merupakan pengembang Perumahan Villa Rizki Ilhami mengatakan, dengan adanya Masjid Ilhami Sawangan diharapkan dapat membangun ukhuwah islamiyah antarsesama ummat Muslim, menjaga solidaritas dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan penyebaran sebagai sarana syiar Islam.

"Kehadiran Masjid Ilhami Sawangan juga diharapkan dapat menjadi sarana dakwah dan tarbiyah islamiyah. Keberadaan Masjid Ilhami Sawangan di lingkungan Perumahan VRI-2 sudah seharusnya mampu memberikan dampak positif bagi penghuni dan masyarakat sekitarnya," harap Zikri.

Masjid Ilhami Sawangan berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 3.394 M2, dengan luas lahan parkir seluas 1.212 M2 dan bangunan masjid seluas kurang lebih 1.066 M2. "Bangunan masjid terbagi atas lantai dasar seluas 517 M2, yang dipergunakan sebagai ruang serba guna, dan lantai atas seluas 461 M2 yang digunakan sebagai ruang sholat dan kegiatan ibadah lainnya. Masjid Ilhami Sawangan juga dilengkapi dengan close circuit television (CCTV) yang tersebar di beberapa titik area masjid. Pembangunan Masjid Ilhami Sawangan dengan biaya Rp 5,6 miliar ini dilakukan selama dua tahun," jelas Zikri.

Dia mengungkapkan, Perumahan Villa Rizki Ilhami 2 Sawangan (VRI-2) memiliki konsep yang dilandasi oleh nilai-nilai islami. Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 207.144 M2, terbagi atas empat cluster yaitu Cluster Medina sejumlah 46 unit, Cluster Arafah 214 Unit, Cluster Mina 224 Unit, dan Cluster Raudah sejumlah 224 Unit. "Pada Cluster Arafah, Mina dan Raudah tersedia fasilitas sarana ibadah berupa musholla," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement