Selasa 17 Jul 2018 22:04 WIB

Sekolah Alquran di Somalia Miliki Peranan Penting

Sekolah Alquran sebagai bagian dari pendidikan moral di Somalia.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Dokumen UNICEF, Somalia adalah salah satu negara pertama penyebaran Islam di Afrika. Hampir semua orang Somalia adalah Muslim. Sistem dasar pengajaran agama adalah institusi Alquran.

Selain agama, sekolah Alquran menyediakan pendidikan Islam prasekolah untuk anak- anak, mengisi peran agama dan sosial yang sangat jelas di negara ini. Orang tua menilai, sekolah Alquran sebagai bagian dari pendidikan moral. Oleh karena itu, mereka mendukung guru-guru Alquran mendidik anak-anak.

Sekolah Alquran adalah pendidikan lokal nonformal. Anak-didiknya adalah mereka yang berusia lima hingga 14 tahun. Kekuatan lembaga pengajaran Alquran terletak pada dukungan masyarakat Penggunaan bahan ajar dibuat secara lokal dan tersedia luas.

Selain itu, ini adalah satu-satunya sistem yang dapat diakses oleh anak-anak Somalia yang jumlahnya sekitar 50 persen dari populasi total. Mereka juga menulis dengan tongkat dan tinta yang terbuat dari susu dan jelaga.

Sebuah survei tahun 1993 menunjukkan, beberapa lembaga tradisional ini memiliki fasilitas yang buruk. Mereka kekurangan sanitasi dan sumber air. Negeri Somalia dikenal kering dan jauh dari sumber air.

Kualitas perawatan yang diberikan juga tidak sesuai dengan perkembangan sosiologis, psikologis, dan kognitif anak-anak, dan ini memiliki dampak langsung pada kesehatan dan status gizi anak.

Para guru tidak pernah dilatih secara formal untuk mengajar. Mereka hanya belajar agama dan sejumlah ilmu pengetahuan dari para pendahulu. Mereka minim pengetahuan tentang pendidikan modern.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement