Kamis 19 Apr 2018 13:21 WIB

Ustaz Somad Minta Umat Gemar Membaca dan Menulis

Allah SWT senantiasa mengangkat derajat orang-orang yang menambah ilmu.

Rep: Novita Intan/ Red: Ani Nursalikah
Ustaz Abdul Somad saat tiba untuk menghadiri acara Tabligh Akbar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (19/4).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustaz Abdul Somad saat tiba untuk menghadiri acara Tabligh Akbar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (19/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Abdul Somad (UAS) merupakan sosok dai yang cukup dikagumi. Tak heran ustaz asal Pekanbaru ini gemar membaca dan menulis karyanya di sebuah buku.

Dalam tabligh akbar kali ini, ustaz meminta masyarakat Indonesia gemar membaca dan menulis. Melalui dua kegiatan tersebut, Allah SWT senantiasa mengangkat derajat orang-orang tersebut.

"Allah akan mengangkat orang-orang yang menambah ilmu karena nama mereka akan dikenang," ujarnya saat mengisi Tabligh Akbar Islamic Book Fair (IBF) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (19/4).

Menurutnya, melalui kegiatan menulis bisa membawa kenangan bagi orang di masa depan. Sebab, sebuah karya apa pun akan terus dikenang sepanjang masa.

"Menulislah agar orang yang masa akan datang kita pernah hidup, contohlah Imam Syafi karena buku tidak akan pernah mati," ucapnya.

photo
Ustaz Abdul Somad (kiri) saat memberikan tausiyah pada acara Tabligh Akbar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (19/4).

Ia juga menyarankan masyarakat bisa melakukan menulis mulai dari hal terkecil. Terpenting, dalam keadaan apa pun menulis bisa dilakukan oleh siapa saja.

Membaca dan menulis baik untuk masa depan. Ustaz Somad mengatakan membaca buku dalam keadaan apa pun, merenungkan lalu menuliskan. "Mulailah menulis dengan cara yang paling mudah," ujarnya.

Pagi ini Ustaz Abdul Somad hadir di ajang IBF 2018, mengisi tabligh akbar di IBF, pukul 09.00 sampai jelang zhuhur. Ketua Panitia IBF 2018, M Anis Baswedan mengatakan sudah menyiapkan tempat yang cukup luas untuk menampung pengunjung yang diperkirakan membeludak.

"Kami sudah menyiapkan mushala AQL-IBF seluas sekitar 2.000 meter persegi di samping area pameran," kata Anis.

Selain Ustaz Somad, hari ini panggung utama IBF 2018 juga akan diisi acara jumpa penulis internasional Syeikh Mahmud Al Misri dari Mesir pukul 12.30-14.00. Beliau adalah penulis buku Semua Ada Saatnya, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ustaz Abdul Somad.

Selanjutnya pukul 14.30-16.00, panggung utama IBF diisi dengan peluncuran buku dan talkshow Panduan Antimerokok bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh dan Tulus Abadi.

Pada sore hari, pukul 16.30-18.30, panggung utama IBF akan dimeriahkan dengan talkshow Menebarkan Ilmu Melalui Tulisan bersama Achi TM (penulis Insya Allah Sah) dan Ryu Tri (penulis Halal Haram Daging Binatang).

Dan malam hari, pukul 19.00-20.30, panggung utama IBF akan menampilkan KH Fahmi Salim MA dalam bedah buku Para Penentang Muhammad SAW dan Ahmad Syafii Maarif dalam bedah buku Krisis Arab dan Masa Depan Dunia Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement