Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Penjelasan Ustaz Somad Tentang Wakaf Tanah untuk Madrasah

Sabtu 31 Mar 2018 14:04 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto

Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad

Foto: dok. Humas Polres Bogor
Mewakafkan tanah untuk madrasah menjadi bekal amal kita di akhirat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ustaz Abdul Somad menjelaskan faedah sedekah bagi umat Islam baik untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Ustaz populer asal Riau itu mengimbau, agar umat jangan ragu-ragu untuk memberikan sedekah, mewakafkan harta untuk pembangunan madrasah atau tempat belajar baca Alquran bagi anak-anak.

"Yang punya tanah luas, jangan semua untuk pribadi. Sedekahkan juga, buka perguruan belajar Alquran. Mati kita nanti, amalnya tak akan putus. Setiap kali anak-anak yang belajar di situ membaca Alquran, maka pahala akan mengelir terus kepada kita. Itulah manfaatnya kalau kita bersedekah," kata Ustaz Somad saat mengisi tabligh akbar di Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung, Sabtu (31/3).

Ustaz Somad menambahkan, Allah SWT memang tidak melarang umat Islam untuk giat mencari uang dan harta. Namun, Allah juga tidak menyukai jika kita menjadi lupa bahwa uang dan harta itu tak akan dibawa ke dalam kubur. Justru yang akan ditagih Allah nanti adalah seberapa banyak uang dan harta itu kita gunakan untuk kebaikan.

Bedanya nilai harta yang disedekahkan untuk pembangunan madrasah dan belajar Alquran, kata Ustaz Somad, adalah durasi amal yang akan kita dapatkan dibandingkan dengan menyumbang untuk hal lain. Selagi madrasah atau tempat belajar mengaji itu ada dan digunakan, maka di penyumbang terus menuai ganjaran pahala dari Allah.

"Misalkan kita bersedekah untuk bikin tabligh akbar. Setelah acara selesai, ya selesai sudah. Lain kalau sedekah untuk madrasah, selagi anak-anak yang pernah belajar mengaji di sana membaca Alquran selama hidupnya, maka kita juga akan menuai pahalanya," ujar Ustaz Somad.

Ustaz Somad menceritakan mengenai nasib umat manusia yang akan berjalan di Padang Mahsyar di mana matahari hanya berjarak satu jengkal dari kepala manusia. Tapi, mereka yang punya catatan amal sedekah yang banyak, maka ia akan mendapatkan naungan dan terlindung dari panasnya di Padang Mahsyar.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA