Kamis 29 Mar 2018 11:22 WIB

Peradaban Islam Kembangkan Ilmu Farmasi

Dengan menguasai tradisi farmasi dan kedokteran, kesehatan masyarakat terjaga.

Ilmuwan Muslim.
Foto: Metaexistence.org
Ilmuwan Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peradaban Islam dikenal karena perkembangan ilmu pengetahuan, salah satunya adalah farmasi. Ilmu tentang obat-obatan ini menjadi acuan perkembangan kedokteran di Berbagai peradaban. Dengan menguasai tradisi farmasi dan kedokteran, kesehatan masyarakat menjadi lebih baik.

Banyak orang terlindungi dari serangan penyakit dan ancaman kesehatan. Islam merupakan peradaban yang sangat memperhatikan perkembangan farmasi. Berikut adalah tiga hal yang menjadi penyebab perkembangan tradisi keilmuan tersebut.

Perkembangan farmasi dalam peradaban Islam tak lepas dari temuan dan kajian ilmu Kimia oleh para ilmuwan Muslim. Eksperimen kimia membuah kan hasil berupa obat-obatan yang menjadi penyembuh berbagai penyakit.

Kajian tersebut di antaranya dilaku kan oleh al-Kindi dan az-Zahrawi. Keduanya dikenal sebagai orang yang getol mengkaji perkembangan ilmu tersebut dari peradaban Yunani. Mereka juga cukup fokus dalam melakukan penelitian Kimia dengan tujuan menemukan obat (M Levey: 1973).

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement