Selasa 27 Feb 2018 10:51 WIB

Agar Usaha Mendapat Berkah

Niat yang utama ialah sebagai media untuk beribadah kepada Allah.

Rezeki/Ilustrasi
Foto: wordpress.com
Rezeki/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Agar kegiatan berwiraswasta tetap mendapat berkah, ada beberapa hal yang penting diperhatikan. Pertama, bagi seorang Muslim, mencari rezeki apa pun caranya, tak boleh tergelincir niatnya.

Niat yang utama ialah sebagai media untuk beribadah kepada Allah. Pentingnya niat, ditekankan dalam hadis riwayat Umar bin Khatab. “Se sungguhnya setiap amal perbuatan bergantung pada niatnya.”

Kedua, tidak menunda- nunda pekerjaan dan menyia-nyiakan pe luang. Bila peluang baik datang di pagi hari, hendaknya kesempatan itu di jemput tepat waktu. Apa lagi, sebagian keber kahan datang di pagi hari. Hal ini sebagaimana diriwayatkan Turmudzi, Ibnu Ma jah, dan Abu Dawud.

Ketiga, mengedepan kan profesionalisme ker ja. Tiap-tiap pekerjaan yang ada di hadap an- nya dikerjakan dengan totalitas dan kesungguhan. Dengan demikian, akan mem buahkan hasil yang maksimal.

 

Hadis riwayat Al Baihaqi menyatakan demikian. Rasulullah pernah bersabda bahwa sesungguhnya Allah menyukai hamba yang bersungguh-sungguh mengerjakan pekerjaannya.

Dan keempat, tetap proporsional. Bekerja boleh, tetapi tidak menghilangkan porsi ber ibadah kepada Allah. Kesibukan berusaha men cari nafkah, bukan berarti lantas mela laikan perintah agama.

Termasuk, dalam kategori ini, berbisnis di sektor yang dilarang oleh agama. “Maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan, hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) di bang kitkan.” (QS al-Mulk [67]: 15). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement