Senin 26 Feb 2018 14:56 WIB

Di Era Kolonial, Islam Hadapi Tantangan Serius di Mozambik

Setelah era kolonial umat Islam mampu berdakwah secara bebas.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Maputo, salah satu kota di Mozambik
Foto: AP
Maputo, salah satu kota di Mozambik

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Islam menghadapi tantangan serius di Mozambik selama era kolonial. Selama periode Estado Novo (1926-1974), Katolik Roma menjadi agama yang dominan setelah aliansi (Konkordat) gereja dan pemerintah. Hanya dengan dimulainya perang pembebasan, negara tersebut mengurangi penenta ngan nya terhadap Islam dan mencoba untuk menerima agama tersebut. Pemerintah berkepentingan untuk menghindari persekutuan antara umat Islam dan gerakan pemberontak.

Sejak akhir periode sosialis (1989 dan seterusnya), umat Islam telah mam pu berdakwah secara bebas dan membangun masjid baru. Umat Muslim juga masuk ke parlemen. Beberapa negara bagian Afrika Selatan, Kuwait, dan Muslim lainnya aktif di Mozambik dengan menjadi African Muslim Agency.

Universitas Islam telah didirikan di Nam pula, dengan sebuah cabang di Inhambane. Keduanya menjadi pusat studi excellentyang membanggakan. Kader umat dari berbagai negara berdatangan untuk menuntut ilmu dan mengembangkan kemampuan. Para alumninya beterbaran di berbagai wilayah menyiarkan dakwah Islam yang penuh kesantunan.

Mozambik juga merupakan anggota aktif Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Negeri ini aktif berkomunikasi dengan berbagai negara dan menjalin hubungan ekonomi.

Muslim setempat, Sabati Omar, membangun sebuah masjid. Dia mengambil cuti dari pekerjaannya di sebuah toko umum untuk membantu membangun masjid kubah. Banyak orang tertarik karena melihat kekuat an Islam. Mereka melihat betapa keras Muslim bekerja, menjalani hidup bersih, dan membangun persaudaraan. Iman dalam Islam menjadi kekuatan untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Di rumah Allah itu dia menjelaskan bagaimana Islam tumbuh di Boane, daerah pedesaan di Mozambik selatan. "Setiap bulan kita melihat seseorang memeluk Islam," kata Omar.

(Baca: Islam Masuk dan Menyebar di Pantai Utara Mozambik)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement