Ahad 18 Feb 2018 13:59 WIB

Sumur Kemuliaan Sunan Gunung Djati Ini 500 Tahun tak Kering

Manfaatnya banyak. Bukan berarti tidak percaya Allah, tetapi penolong itu Allah SWT.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agus Yulianto
Air karomah sumur kemuliaan Sunan Gunung djati, Cirebon, Sabtu (17/2).
Foto: Republika/Fergi Nadira
Air karomah sumur kemuliaan Sunan Gunung djati, Cirebon, Sabtu (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, Tujuh sumur yang dipercayai memiliki karomah atau kemuliaan salah satunya adalah Sumur Kemuliaan di wilayah sekitar makam Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Djati. Air yang tak pernah habis sejak 500 tahun lalu itu, dipercayai sebagai air kemuliaan untuk memenuhi hajat hidup seseorang seperti jodoh, rezeki, ketenangan hidup, dan lain sebagainya.

Salim (70 tahun) dan Mokhtar (53) setiap hari melayani para pengunjung dengan mengangkat air dan menimba air dari sumur sedalam 20 meter. Dengan biaya dari pengunjung tidak dipatokki, mereka ikhlas dan sabar bekerja di sumur Kemuliaan sunan gunung djati.

"Manfaatnya banyak. Bukan berarti tidak percaya Allah. Tetap, penolong itu Allah SWT. Air ini hanya sebagai sarana dan syariat-nya. Masyarakat yang ke sini harus tetap ikhtiar, doa kepada Allah dan berserah diri, jangan mengharapkan ketika sudah disiram air sumur hidup berubah tanpa adanya ketiga unsur tadi," kata Salim di Cirebon, Sabtu (17/2).

Sumur kemuliaan yang usianya lebih dari 500 tahun itu, setiap malam Jumat Kliwon selalu ramai pengunjung. Malam Kliwon diketahui ada selama 35 hari sekali. "Ramai, air sudah disiapkan jika malam Kliwon, sebab dari seluruh Indonesia datang bahkan dari luar negeri banyak yang datang, jumlah orangnya capai ribuan," kata Mokhtar.

Air sumur yang tak pernah habis dan bertambah itu dipercaya sebagai air kemuliaan dari Sunan Gunung Djati, salah satu Wali Songo asal Cirebon yang dalam penyebaran Islam di Jawa Barat memiliki kemampuan ahli bahasa, ilmu kedokteran, ahli politik, ahli strategi dan ahli pendidikan.

photo
Air karomah sumur kemuliaan Sunan Gunung djati, Cirebon, Sabtu (17/2).

Susilowaty (53) asal Bekasi memercayai dengan kunjungannya tersebut mendapatkan kemuliaan dalam hidupnya. Permintaannya saat diguyur air sumur, harapannya dapat terwujud serta dibarengi dengan realitanya sehari-hari.

"Beliau sosok Wali Songo kesembilan, sambil menjalankan syariatnya (mandi air kemuliaan) saya juga tetap percaya ada Allah dalam kehidupan saya," ujarnya setelah mandi air sumur kemuliaan.

Ada tujuh sumur yang dipercayai memiliki karomah di wilayah makam Sunan Gunung Djati. Wilayahnya di bagi dua di Gunung Sembung ada Sumur Kemuliaan, Sumur Kanoman, Sumur Kasepuhan dan Sumur Sumber Djati. Serta di wilayah Gunung Jati ads sumur Kejayaan dan sumur Tegang Padi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement