Senin 12 Feb 2018 14:29 WIB

Kota Tangerang Optimalkan Fungsi Masjid

Memiliki 654 masjid, ada potensi masjid menjadi pusat informasi di masyarakat.

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Agung Sasongko
Masjid Al-A'zhom di Kota Tangerang, Provinsi Banten.
Foto: aieazie.deviantart.com
Masjid Al-A'zhom di Kota Tangerang, Provinsi Banten.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Wali Kota Tangerang Arif R Wismansyah sendiri saat ini ingin mengembalikan fungsi masjid- masjid di Kota Tangerang, termasuk Masjid Kali Pasir. Kata dia, masjid semestinya dijadikan pusat peribadahan umat Islam serta pusat informasi dan aktivitas rukun warga di Kota Tangerang.

Memiliki 654 masjid, potensi masjid sebagai pusat informasi di masyarakat hingga ke bawah sangat memungkinkan. Tidak hanya sebagai sarana ibadah. Posyandu, tempat rapat warga, dan tempat belajar mengaji sebaiknya dilakukan di masjid untuk menghidupkan masjid.

"Bayangkan, sekarang satu RW sudah dua masjid. Jadi, besok itu posyandu, rapat warga, kanbisa pakai masjid," kata dia saat ditemui Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Selama ini, kata Arief, banyak program Pemkot Tangerang yang tidak bisa tersosialisasi dengan baik karena tidak sampai ke masyarakat tingkat paling bawah. Itulah mengapa dirinya ingin agar masjid bisa ambil andil dalam program-program pemerintahan Kota Tangerang.

Sekolah gratis sembilan tahun dan beberapa program lain tak sampai ke masyarakat karena keterbatasan akses pemkot ke masyarakat itu sendiri. "Jadi, besok kita sudah adakan rapat dengan DKM (dewan kemakmuran masjid)agar ada yang keliling, mendata, misalnya, siapa yang putus sekolah akan diberikan bantuan oleh pemkot," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement