Ahad 28 Jan 2018 07:00 WIB

Jasa Ottoman dalam Geliat Islam di Ceska

penyebaran Islam terjadi saat tentara Ottoman mengepung Wina hingga Moravia.

Era Dinasti Ottoman.
Foto: Aksitarih.com
Era Dinasti Ottoman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kehadiran Islam pertama kali di ceska tercatat dalam sebuah dokumen karya Ibrahim ibn Jaqub pada 964-965. Dia merupakan Muslim berdarah Yahudi yang berasal dari Spanyol.

Tulisannya kemudian diterbitkan menjadi sebuah sumber cerita pertama mengenai penyebaran Islam di Eropa Tengah. Dalam tulisan tersebut, penyebaran Islam terjadi saat tentara Ottoman mengepung Wina hingga Moravia.

Kemudian, ketika hubungan dagang antara kekaisaran Austria- Hongaria dan Ottoman muncul pada abad ke-19. Namun, pengaruh Islam terhadap kehidupan ceska masih sangat minim.

ceska sebelumnya merupakan wilayah bagian dari Kerajaan Austria Hungaria. Pada 1912 undang- undang ditetapkan bahwa kerajaan mengakui Islam sebagai sebuah agama resmi.

Kerajaan Austria juga ketika itu mengizinkan Komunitas Muslim pertama, yaitu Muslimske Nabo zenske Obce Pro Ceskoslovensko pada 1934. Tapi, pada 1949 komunitas tersebut dibubarkan.

Kemudian, umat Muslim ceska berusaha kembali mendirikan komunitas Muslim baru pada 1968, tapi gagal. Baru pada 1991 pusat komunitas Muslim ceska berdiri. Mereka menamakan organisasinya dengan sebutan Ustredi Muslimskych Nabozenskych Obci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement