Sabtu 06 Jan 2018 06:01 WIB

Sejarah Islam di Bulgaria

Rep: mgrol98/ Red: Agung Sasongko
Muslim Bulgaria
Muslim Bulgaria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulgaria, sebuah negara dengan lahan pertanian yang kaya, pegunungan yang spektakuler, dan sebuah pantai yang berkelok-kelok di tempat-tempat wisata yang ramai dan pantai sepi. Di sini, merupakan tempat lahirnya Islam Balkan dan tanah air Kekristenan Slavia.

Sejarah Islam di Bulgaria berasal dari abad ke-14, ketika Kekaisaran Ottoman mengubah kekuatannya melawan kerajaan Balkan. Pada tahun 1361, tentara Sultan Murat saya merebut kota Bizantium di Adrianople - sekarang Edirne di Turki Eropa - mendapatkan pijakan di Sungai Maritsa dan membuka jalan menuju penaklukan Bulgaria dan daerah-daerah di luarnya.

Pada tahun 1363, Plovdiv-Philipopolis kuno, kota terkaya di Thrace Bulgaria-menyerah setelah pengepungan yang panjang. Jatuhnya ibukota Bulgaria abad pertengahan di Veliko Turnovo pada tahun 1393 menandai jatuhnya sebuah kerajaan yang kekuatannya pernah menyaingi Bizantium.

Setelah penaklukan Ottoman, administrator Muslim, tentara, dan warga sipil berbondong-bondong ke tanah Bulgaria, diikuti oleh massa petani Anatolia, gembala nomaden, dan prajurit Turkoman dan Tatar yang secara paksa dipindahkan untuk mengkonsolidasikan kontrol Ottoman. Asal Turki nama-nama kota dan kota Bulgaria modern, seperti Karnobat, Pazardzhik, dan Novi Khan, menandai rute kemajuan Ottoman; nama desa seperti Tatarevo menunjukkan etnisitas pemukim mereka yang pertama.

Masuknya pemukim Muslim ke Bulgaria menciptakan kebutuhan akan infrastruktur kehidupan Islam yang lengkap. Pengrajin Muslim dan Kristen berusaha mendirikan kota baru di luar tembok benteng dan kota Bulgaria abad pertengahan, dan membangun masjid, pemandian umum, khans dan pasar.

Arus bangunan ini menghasilkan gaya arsitektur Muslim yang baru: kasar, pragmatis dan sangat luas, dipengaruhi oleh arsitektur Seljuk Bursa - kota kekaisaran pertama Kekaisaran Ottoman - namun kekurangan kelezatan dan penyempurnaannya.

Monumen awal seperti Kiki Eski Jamiya yang berkubah tunggal di Stara Zagora, dibangun pada tahun 1409, bersaksi tentang dinamisme dan ekspansifitas Bulgaria Muslim, seperti halnya jamaah Jumaya Jamiya dari Plovdiv dan kemudian bekerja seperti Sherif Halil Pasha abad ke-18 atau Tomboul Jamiya di Shumen, sampai beberapa tahun terakhir masjid terbesar di Eropa utara Edirne.

Sebagian besar warisan arsitektur Ottoman di Bulgaria hilang dalam seratus tahun antara akhir pemerintahan Ottoman dan ekses prekrustvik. Di Shumen sendiri, lebih dari 40 masjid disebutkan pada catatan pertengahan abad ke-19; hanya delapan yang tersisa pada tahun 1980 dan tiga di tahun 1989.

Monumen Ottoman yang masih menghiasi kota-kota dan desa-desa di Bulgaria mengungkapkan kemuliaan masa lalu Muslim negara tersebut dan cara-cara di mana tradisi Muslim dan Kristen pernah disentuh dan dicampur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement