Sabtu 02 Dec 2017 09:45 WIB

Ingin Sukses Dunia dan Akhirat? Ini Kata Muhammadiyah

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus Yulianto
Anwar Abbas
Foto: ROL/Abdul Kodir
Anwar Abbas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seluruh umat Islam Indonesia pasti ingin sukses baik di dunia maupun di akhirat. Salah satu Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas mengungkapkan, agar umat Islam mendapatkan hal itu, maka harus benar-benar meneladani Rasulullah SAW.

Hal ini disampaikan Anwar dalam momentum peringatan Maulid Nabi yang tahun ini bertepatan pada 1 Desember 2017. "Ya tentu saja sebagai seorang Muslim kalau kita ingin sukses hidup di dunia dan di akhirat kelak maka tidak dapat tidak kita harus meniru dan meneladani sifat-sifat beliau," ujaranya saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (1/12).

Anwar menjelaskan, keempat sifat Nabi Muhammad yang terkenal yaitu adalah Siddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), dan Fathanah (cerdas). "Tampa itu maka kita akan menjadi orang yang merugi dan gagal dalam mengemban misi kemanusiaan kita," ucapnya.

Menurutnya, dengan Siddiq Nabi Muhammad sangat mencintai kejujuran dan selalu berbuat secara konsisten sesuai dengan kebenaran yang sudah ditemukan dan diyakininya. Sikap Nabi yang seperti itu kemudian melahirkan sikap kedua yaitu amanah.

"Karena Beliau selalu konsisten dengan apa yang diyakininya dan dikatakannya maka beliau benar-benar dipercaya (amanah) oleh sahabat-sahabatnya dan oleh umat dan masyarakat luas," katanya.

Menurut dia, Nabi Muhammad benar-benar mendapatkan kepercayaan dari seluruhnya umatnya hingga saat ini. Untuk membuat ajaran Islam hidup di tengah-tengah masyarakat, Nabi Muhammad menggunakan kecerdasannya atau sifat fathanah. "Kecerdasannya atau dengan kreativitasnya dia bisa melakukan dan membuat hal-hal yang tepat, yang bisa diterima oleh umat dan masyarakatnya," kelasnya.

Sekjen MUI ini mengatakan, agar misi perjuangannya bisa tercapai, Nabi Muhammad juga tidak mengenal lelah dalam mendakwahkan dan menyosialisasikan (tablligh) ajaran Islam yang dibawanya dengan mengajak para sahabatnya. "Sehingga hasilnya hari ini kita dapat melihat Islam berkembang menjadi sebuah agama besar dan bahkan menurut para ahli dalam beberapa tahun ke depan Islam akan menjadi agama yang terbesar pemeluknya di seluruh dunia," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement