Jumat 01 Dec 2017 01:17 WIB

Digelar di Daerah Minoritas Muslim, MTQ Ke-36 Sumut Sukses

Rep: Issha Haruma/ Red: Budi Raharjo
Alquran/Ilustrasi
Alquran/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,DAIRI  -- Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tingkat Provinsi Sumatra Utara (Sumut) yang dihelat di kabupaten Dairi resmi ditutup, Kamis (30/11). Kota Medan kembali keluar sebagai juara umum dalam acara yang digelar sejak 22 November itu.

Pelaksanaan MTQ Sumut ini ditutup oleh Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung. Dalam pidatonya, Nurhajizah sempat menyampaikan kekhawatirannya dengan pelaksanaan MTQ Sumut di Dairi yang merupakan daerah dengan Muslim minoritas.

Selain itu, Ketua Panitia MTQ yang juga Sekda Dairi, Sebastianus Tinambunan, pun bukan merupakan umat Muslim. Namun hal ini, kata Nurhajizah, tidak menjadi penghalang untuk menjadikan pelaksanaan MTQ di Dairi sukses.

"Alhamdulillah, saya sangat terharu pelaksanaan MTQ 36 di Dairi berjalan dengan baik dan sukses. Ini menunjukkan bahwa tingkat kerukunan beragama di Dairi sangat baik dengan dukungan dari semua golongan juga agama. Insya Allah," kata Nurhajizah, Kamis (30/11).

Nurhajizah mengatakan, masyarakat Sumut yang majemuk memiliki suku, etnis, budaya, dan agama yang beragam. Namun, seluruh masyarakat tetap harus mampu hidup berdampingan dan saling menghormati.

Alquran, lanjut Nurhajizah, mengajarkan prinsip hidup berdampingan dengan umat yang berbeda keyakinan tanpa mengganggu akidah dan ibadah masing-masing. "Karena setiap umat beragama harus mencari titik perdamaian bukan titik permusuhan. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi seluruh panitia dan Pemkab yang sudah memberi dukungan juga motivasi hingga sukses terlaksana MTQ ini," ujar dia.

Sementara itu, Bupati Dairi Jhonny Sitohang meminta maaf jika selama pelaksanaan MTQ di daerahnya terdapat kendala dan kekurangan. Dia pun berharap, dengan digelarnya acara ini akan membuat Dairi menjadi lebih dikenal lagi. Apalagi, Dairi memiliki objek wisata iman yang terkenal sebagai miniatur keberagaman umat beragama di Indonesia.

"Ini mengambarkan bahwa Dairi kerukunan beragamanya sangatlah kuat dan kita saling menghormati serta bekerja sama dengan tujuan memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat Dairi," kata Johnny.

Untuk diketahui, juara umum MTQ ke 36 Tingkat Provinsi Sumut kembali dimenangkan oleh kota Medan. Kabupaten Serdang Bedagai, Dairi, Binjai, Deli Serdang, Langkat, Asahan, Kafilah Khusus PTPN IV, Tebing Tinggi, dan Batubara berturut-turun menyusul di belakangnya.

Selain itu, dua peserta yang hafal Al Quran 30 juz dan mendapat hadiah masing-masing satu unit sepeda motor, yakni Hasan Basri dan Istiqomah. Keduanya berasal dari kabupaten Asahan.

Meski MTQ Sumut telah berakhir, namun kegiatan ini diharap menjadi tolak ukur untuk menjadi juara dalam MTQ Tingkat Nasional. Perhelatan antarprovinsi ini akan digelar di kota Medan dan sekitarnya pada 2018 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement