Rabu 29 Nov 2017 15:46 WIB

Pemerintah Dorong Sinergi Pengelolaan Zakat

Rep: Eric Iskandarsyah/ Red: Agung Sasongko
Zakat
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA  -- Plt. Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Fuad Nasar mendorong agar semua elemen masyarakat zakat bergerak bersama secara sinergi mencapai tujuan pengelolaan zakat. Pengelolaan zakat di Tanah Air bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah namun juga masyarakat.

Menurutnya, Negara sendiri hadir untuk membantu umat Islam dalam mengelola zakat karena negara berkepentingan menjadikan rakyat sejahtera dan terbebas dari kemiskinan. "Peranan pemerintah dan masyarakat bukan hanya saling berkaitan, tetapi diharapkan menyatu dalam misi dan visi Kebangkitan Zakat, kata dia dalam kegiatan LAZ Forum yang digelar di Yogyakarta pada Rabu (29/11).

Dengan semangat sinergi antara negara dengan masyarakat dalam mengoptimalkan dana zakat, menindaklanjuti berbagai pembicaraan sebelumnya, Forum Zakat dalam hal ini diusung tahap awalnya oleh kumpulan LAZ BUMN Bersama Kementeriaan Agama meluncurkan program Kampung Zakat yang berbasis di daerah perbatasan di Indonesia.

Fuad Nassar berharap program kampung zakat bisa sukses dan akan menjadi percontohan terutama bagi pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan di daerahnya.

Kampung Zakat ini juga akan menjadi percontohan yang kuat tentang bagaimana sinergi antar Lembaga zakat dibangun pada daerahdaerah tertentu. Diharapkan, kehadiran Kampung Zakat ini nantinya dapat membantu pemberdayaan masyarakat setempat secara lebih optimal.

Selain itu, dalam acara yang sama, diperoleh kesepakatan bahwa para pimpinan lembaga amil zakat (LAZ) siap untuk menjalani sertifikasi amil. Hal ini dilakukan demi adanya peningkatan kinerja gerakan zakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement