Kamis 23 Nov 2017 01:00 WIB

Menag Harap Habaib Lanjutkan Dakwah Sufistik Leluhurnya

Lukman Hakim Saifuddin
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Lukman Hakim Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap Habaib (jamak dari Habib) melanjutkan kiprah dakwah leluhurnya dalam dakwah sufistik di Indonesia.

Harapan ini disampaikan Lukman saat membuka International Conference on the Dynamics of Hadhramis in Indonesia di Jakarta. Konferensi ini digelar LIPI bekerja sama dengan The Hadhramaut Center for Historical Research Documentation and Publication, Menara: Study and Research Center of Arab Descents in Indonesia, serta Balai Litbang Agama Jakarta.

Tampak hadir, Kepala LIPI Bambang Subiyanto dan sejumlah Duta Besar negara sahabat, seperti Mesir, Yaman, dan Palestina. Konferensi ini diikui para peneliti LIPI dan juga akademisi.

“Kita berharap golongan Sayyid atau Habaib melanjutkan kiprah para leluhurnya dalam dakwah perkembangan Islam di Indonesia,” tuturnya, di Jakarta, Rabu (22/11).

 

Lukman mencontohkan dakwah yang dilakukan oleh Habib Ali bin Abdurrahman melalui Majelis Taklim di Kwitang yang bertahan hingga lebih dari satu abad. Menurunya, inti ajaran Habib Ali yang terkenal juga dengan sebutan Habib Kwitang berlandaskan tauhid, solidaritas sosial, dan akhlaqul karimah.

Menurut Menag, ajaran dakwah Habib Ali berupa pelatihan kebersihan jiwa, tasawuf mu’tabarah, dialog antara makhluk dengan al-Khalik serta antara sesama makhluk. “Kita tidak pernah mendengar Habib Ali mengajarkan ideologi kebencian, berpolitik praktis, iri, dengki, ghibah, fitnah, dan namimah atau adu domba,” ujarnya.

“Habib Ali mengembangkan tradisi kakek-kakeknya dari Ahlul Bait yang intinya menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, menghotmati hak setiap manusia tanpa membedakan latar belakang status sosial mereka,” sambungnya.

Lukman menilai, hakikat dakwah mereka adalah akhlak. Perilaku mereka menjadi contoh dan teladan yang sangat baik bagi Muslim Indonesia selama ini. Mereka mengajarkan kedamaian, kesejukan, dan keramahtamahan.

“Ini yang menurut saya penting dalam konteks kekinian, di tengah kontestasi politik yang sangat keras, tekanan intensi kehidupan yang semakin kompleks, maka kita harus kembali kepada akhlak mulia, kepada ajaran pendahulu kita, khususnya para habaib, sayyid, dan mereka yang memiliki kedalaman ilmu agama,” ujarnya.

“Saya kira dakwah sufistik Habaib yang mengedepanan akhlak mulai sejak zaman dulu dan diikuti Walisongo dan dai lainnya inilah yang berhasil mengislamkan nusantara,” imbuhnya.

Menag mengapresiasi konferensi strategis ini.  Ada enam isu utama yang akan dibahas, yaitu: pertama, peran keagamaan dan pengaruh Hadrami (komunitas Arab yang berasal dari Hadramaut, Yaman Selatan) di Indonesia.

Kedua, diaspora orang hadromi; ketiga, politik kontemporer dan nasionalisme orang hadromi; keempat, identitas budaya hadrami (bahasa, musik, seni, sastra, makanan, dan pakaian); kelima, identitas sosial hadrami (pernikahan, sistem kekeluargaan, serta hubungan dengan masyarakat lokal); dan keenam, aktivitas orang hadrami dalam perdagangan.

“Keberadaan Hadromi yang datang dari Hadramaut Yaman Selatan itu sudah panjang sejarahnya. Kontribusi mereka bagi bangsa dan negara juga sangat besar. Selain mengembangkan kebudayaan, kesenian, kebudayaan, juga yang penting adalah mengembangkan nilai agama sehingga kehidupan masyarakat Indonesia berjalan dengan baik,” ucapnya.

Konferensi internasional ini menghadirkan sejumlah Narasumber yang hadir, antara lain: Azyumardi Azra (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Syed Farid Alatas (National University Singapore), Huub de Jonge (Radbound University, Netherlands), serta Martin Siama (Austrian Academy os Sciences).

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement