Senin 13 Nov 2017 22:09 WIB

MTQ Pelajar Ke-32 Diawali Pawai Taaruf

Rep: Andrian Saputra/ Red: Karta Raharja Ucu
Seorang peserta membaca Alquran, saat berlangsung lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat remaja.
Foto: Antara/Saiful Bahri
Seorang peserta membaca Alquran, saat berlangsung lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat remaja.

REPUBLIKA.CO.ID,  SOLO --- Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar ke-32 se-Jawa Tengah akan berlangsung di Solo mulai Rabu (15/11). MTQ pelajar yang diikuti 35 kafilah kabupaten kota se-Jawa Tengah itu akan dibuka dengan rangkaian pawai taaruf yang dikuti peserta lomba.

Rangkaian MTQakan dimulai dengan taaruf dari Ngarsopuro hingga Balai Kota Solo. "Selain peserta nanti pelajar juga akan meramaikan," tutur ketua panitia MTQ Pelajark ke-32, Eti Retnowati, Senin (13/11).

MTQ Pelajar ke-32 mengangkat tema Aktualisasi Nilai-nilai Alquran untuk mewujudkan generasi muda yang waras, wasis danberakhlak mulia. Ety menjelaskan terdapat tiga cabang yang akan diperlombakansesuai tingkat pendidikan mulai dari SD/MI, SMP/MTs. serta tingkat SMA, SMK dan MA. Di antara cabang tersebut yakni tartil Alquran, tilawah Alquran dan Hifz Alquran. Khusus untuk cabang Hifz Alquran golongan 1 juz dan tilawah hanya dapat diikuti pelajar jenjang SMP/MTs sedang untuk golongan 5 juz dan tilawah diperuntukan untuk pelajar jenjang SMA, SMK dan MA.

"Setiap kafilah terdiri dari 22 orang itu sudah termasuk pendamping, peserta akan menginap di hotel-hotel yangsudah kami siapkan," tuturnya.

MTQ Pelajar ke-32 memperebutkan trofi bergilir yang tahun lalu diraih oleh Kabupaten Wonosobo. Ety mengatakan bagi pemenang MTQ, Pemkot Solo telah menyiapkan bonus berupa uang pembinaansebesar Rp 1.25 juta untuk masing-masing juara di tiap kategori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement