Senin 30 Oct 2017 19:30 WIB

Jejak Islam di El Savador

Rep: mgrol98/berbagai sumber/ Red: Agung Sasongko
Peta Elsavador
Foto: http://www.nsaglam.com
Peta Elsavador

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- El Salvador adalah negara bagain Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras dan Guatemala. Luas total negara ini  adalah 8.123 mil persegi (21.040 km²) dan menjadi negara terkecil di benua Amerika.

Mayoritas penduduk El Salvador adalah penganut Kristen. Tetapi di negara Amerika Latin ini juga terdapat penduduk Muslim. Sama seperti negara bagian Amerika lainnya dimana Muslim menjadi minoritas di negara tersebut. Tetapi bukan berarti perkembangannya tidak diketahui.

Di El Savador terdapat sebuah komonitas kecil Islam yang sebagian besar terdiri dari penduduk dan mualaf Salvador. Sampai saat ini, sejarah awal kedatangan Islam ke El Salvador masih belum dipastikan.

Karena tidak banyaknya peninggalan Islam di negara tersebut. Tetapi, banyak penelitian terkait peristiwa-peristiwa dahulu yang dilakukan untuk membuktikan sejarah tersebut.

Dalam buku berjudul Sobre Moros y Cristianos, y otros Arabismos en El Salvador yang ditulis oleh Pedro Escalante dan Abraham Daura, menjelaskan penampilan pertama Muslim di El Salvador terjadi selama pada saat negara sebagai tanah jajahan Sepanyol.

Kedatangan dari keluarga Arab (Syria, Lubnan dan Palestin) ke El Savador terjadi selama awal abad ke-20. Walaupun sedikit, keturunan mereka telah mencapai kekuatan ekonomi dan politik besar di negeri  El Savador. Tetapi mayoritas pendatang Timur Tengah adalah penganut Kristen, dan minoritas keluarga Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement