Senin 30 Oct 2017 05:42 WIB

Anak-Anak Jadi Pengurus Kids Corner di Masjid Ghede Kauman

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Andi Nur Aminah
Masjid Ghede Kauman
Foto: Wikipedia
Masjid Ghede Kauman

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebagian besar masyarakat membutuhkan suasana yang tenang saat sedang membaca buku. Tak heran, anjuran untuk menjaga ketenangan merupakan hal yang lazim di setiap perpustakaan, termasuk di Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta.

Namun, karena Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman berhasil menyedot antusiasme anak-anak, maka perpustakaan yang mulai bergeliat kembali sejak dua tahun belakangan ini pun tak hanya menjadi tempat membaca favorit bagi sebagian masyarakat Yogyakarta. Tak heran, anak-anak usia sekolah dasar (SD) yang identik dengan dunia bermain pun kerap menciptakan keriuhan tersendiri di perpustakaan dengan dimensi sekitar 20 meter x 10 meter tersebut.

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif mengatakan, demi meningkatkan kenyamanan bagi seluruh penunjung perpustakaan, maka kini Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman menyediakan Kids Corner. "Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan dunia literasi dan sebagai wadah bagi anak-anak untuk belajar bersama," ujarnya kepada Republika.co.id usai peresmian Kids Corner Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman, Ahad (29/10).

Dalam peresmian itu, juga dilakukan pelantikan pengurus dari Kids Corner tersebut. Terdapat hal yang menarik dalam pelantikan itu, pasalnya, pengurus yang dilantik seluruhnya adalah anak-anak yang masih mengenyam pendidikan di SD.

Total, terdapat 10 anak yang dilantik sebagai pengurus, termasuk pimpinan yang dalam Kids Corner itu disebut dengan Pak Lurah. Kepala Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman, Fikri Nur Iman mengatakan, terobosan ini dilakukan sekaligus sebagai langkah kaderisasi pengurus perpustakaan. "Karena sudah memiliki bekal tentang pengelolaan perpustakaan, diharapkan, kedepanya pengurus Kids Corner ini nantinya juga dapat menjadi pengurus Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman," kata Fikri.

Beberapa tugas utama dari para pengurus itu adalah untuk menata buku dan menjaga kerapihan Kids Corner. Menurutnya, pengurus itu akan terus melakukan tugasnya secara bergantian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Ia juga mengatakan, total koleksi buku di Perpustakaan Masjid Gedhe Kauman adalah sekitar 4.000 buah buku. Jumlah itu termasuk 500 buah buku anak-anak yang kini seluruhnya dipindahkan ke dalam Kids Corner. "Kami juga mendapat sumbangan buku anak dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta," ujarnya.

Sumbangan itu berupa buku berbagai macam judul dengan total jumlah sekitar 100 buah buku. Berdasar data buku tamu di perpustakaan itu, rata-rata jumlah pengunjung sekitar 1.200 pengunjung perbukan. Karena antusiasme anak-anak di lingkungan itu cukup tinggi, tak heran jika setengah dari total pengunjung tersebut merupakan anak-anak berbagai usia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement