Selasa 10 Oct 2017 17:45 WIB

Buku Karya Ibnu Sina Beredar Luas di Meksiko

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko
Ilmuwan Muslim.
Foto:

Juan de Cardenas dalam karyanya Primera partede los problemas y secretos maravillosos de las Indias pada 1591 juga mengakui peng aruh Ibnu Sina dalam karyanya. Seorang filsuf dan ilmuwan Muslim Spanyol, Agustín Farfan, yang pada 1592 M menulis buku Tractado Bre be de Medicina mengutip Galen, Hippocrates, Rhazes, dan Ibnu Sina.

Pada 1648, seorang ahli anatomi dari Univ ersidad de Mexico, Juan de Correa, menulis Tratado De La Qualidad Manifiesta, Que El Mercurio Tiene tentang kehidupan di pertam bangan dan keracunan sulfur. Adalah karya Ibnu Sina dan Geber yang membuat Juan de Correa menulis buku itu.

Bahkan, seorang astronom, Enrico Mar tí nez, yang menulis buku Repertorio de Los Tiem pos, y Historia Natural Desta Nueva Espana pada 1606 menyebutkan karya Ibnu Sina dalam bab keempat bukunya. Bab itu me nguraikan aplikasi astronomi pada kehidupan manusia.

Dalam buku Verdadera Medicina, Astro logía y Cirugía karya Juan de Barrios yang di publikasikan di Meksiko pada 1606, ia menulis, dirinya tiba di Spanyol Baru pada 1590 setelah sempat belajar di beberapa perguruan ting gi di Alcala, Salamanca, dan Valencia. Karya ini mungkin salah satu yang monumental dalam dunia kedokteran Spanyol Baru karena ditulis dalam format dialog.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement