Selasa 10 Oct 2017 12:04 WIB

Manfaat Minyak Zaitun

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Esthi Maharani
zaitun
Foto: Muslim Village
zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minyak zaitun memiliki peran penting dalam dunia kesehatan, bahkan kecantikan. Amerika Serikat dan Inggris sangat mementingkan minyak zaitun dan terus meningkatkan kadar kemurniannya.

Dikutip dari muslimvillage, minyak zaitun diketahui asam palmatat, asam oleat, asam linoleat, asam steanat, asam myristic dan gliserida. Dalam hal ini, tidak dilarutkan dalam air tetapi dalam alkohol, eter, kloroform dan parafin cair.

Manfaat zaitun antara lain di dunia kecantikan antara lain menyehatkan wajah, menyehatkan rambut dan membuatnya lebih kuat dan bersinar, mengurangi keringat berlebih, hingga mencegah penuaan dini.

Di dunia kesehatan, zaitun berfungsi sebagai penawar racun, memperbaiki pencernaan, membunuh bakteri jahat pada usus. Menggunakan zaitun yang dicampur garam diatas gusi adalah obat untuk penyakit gigi dan gusi.

Aplikasi minyak zaitun atau air yang diekstraksi dari daun minya zaitun bisa mengatasi bisul, ruam, dan gatal.  Merendam daun zaitun bisa mengatasi alergi atau masalah kulit.

Biji zaitun yang dicampur dengan mentega akan efektif untuk mengatasi kuku rapuh. Makanan dari buah zaitun pun bisa menghentikan sembelit.

Pijat minyak zaitun di seluruh tubuh mengencangkan otot dan organ, dan mengurangi rasa sakit otot. Beberapa dokter juga menganjurkan pijat minyak zaitun untuk epilepsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement