Jumat 25 Aug 2017 00:33 WIB

YBM BRI Serahkan Bantuan Usaha Kerajinan Tapis

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agus Yulianto
Pameran kain tapis Lampung merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan lebih banyak wastra tradisional ke masyarakat internasional (Ilustrasi)
Foto: dok KBRI Canberra
Pameran kain tapis Lampung merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan lebih banyak wastra tradisional ke masyarakat internasional (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) menggulirkan program peningkatan keterampilan usaha rakyat (PKUR) kerajinan kain Tapis Lampung di Pagelaran Utara - Pringsewu. Bantuan ini sebagai wujud kepedulian YBM BRI terhadap usaha masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut YBM BRI menyerahkan dana bantuan program PKUR senilai Rp 104,42 juta kepada 20 orang anggota kelompok binaan usaha kerajinan kain Tapis Lampung di Desa Lugu Sari dan Desa Sumber Bandung Pagelaran Pringsewu. Dana bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada ketua kelompok Tapis Kembar Lampung Ibu Fajarwati oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Pringsewu, Heri Iswahyudi.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Dewan Pembina YBM Kantor Cabang BRI Pringsewu Adi Kurniadi dan Pelaksana Harian YBM Kanwil BRI Bandar Lampung Amir Mudaris. ''Program ini merupakan salah satu wujud kongkrit kepedulian YBM BRI yang digulirkan secara nasional untuk meningkatkan usaha kecil kelompok masyarakat kurang mampu di wilayah Lampung,'' tutur Adi melalui pesan tertulis kepada Republika.co.id, Kamis (24/8).

Desa Sumber Bandung Kecamatan Pagelaran Utara merupakan daerah pedalaman di wilayah Kabupaten Pringsewu. Mayoritas masyarakat di sana juga merupakan masyarakat dhuafa baik di sisi ekonomi maupun pendidikan. Sebagian besar masyarakatnya pun berprofesi sebagai petani dan buruh harian lepas.

Akses jalan desa yang rusak parah sulit dijangkau kendaraan umum menyebabkan masyarakat desa sulit bepergian keluar masuk desa. YBM BRI berharap, dengan program PKUR YBM BRI di kedua desa tersebut mampu meningkat pendapatan dan taraf hidup masyarakat.

YBM BRI juga mengadakan seleksi calon penerima beasiswa Kader Surau YBM BRI unit Universitas Negeri Lampung. Mahasiswa yang mengikuti seleksi lanjutan adalah mereka yang lolos dalam seleksi administrasi daring. Sebelumnya dari 37 mahasiswa yang lolos seleksi daring, hanya 12 orang yang akan mendapatkan pembinaan intensif program Beasiswa Kader Surau YBM BRI.

Selain di Unila tes sejenis pun dilaksanakan di tujuh perguruan tinggi terpilih seluruh Indonesia yakni Unsri, Unpad, UGM,   Undip, UB, ITS, dan IPB. Beasiswa Kader Surau adalah salah satu Program YBM BRI dalam Program Berbagi Smart Rakyat Indonesia. Program ini menitikberatkan pada pembentukan dan pembinaan generasi muda Islam. Penerima beasiswa kader surau akan mendapatkan biaya SPP, biaya hidup, asrama dan kurikulum pembinaan terintegrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement